Dasar Penanganan Tehadap Anak ADHD Yang Mudah Diterapkan

DokterSehat.Com – ADHD merupakan singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.



Penanganan Tehadap Anak ADHD sangat menarik untuk anda ketahui, bahkan jika ini tidak ada hubungannya dengan anak anda sendiri. Memahami anak-anak yang mungkin anda temui di lingkungan anda ini akan sangat membantu menciptakan lingkungan yang jauh lebih kondusif dan nyaman bagi mereka. Sebelumnya, anda perlu meluruskan dulu pemahaman yang beredar bahwa anak ADHD adalah hasil dari pola asuh yang salah dan terlalu banyaknya mengkonsumsi gula. Padahal, penyebab sebenarnya adalah gangguan genetic pada DNA, yang membuat otak anak mengalami perkembangan yang berbeda dari anak lain seusianya. Hal ini yang membuat anda menemui seorang anak hiperaktif cenderung melakukan suatu hal tanpa berpikir dahulu, gelisah berlebihan, lebih sulit dalam belajar dan mudah merasa terganggu. Anda bisa mengkategorikan anak-anak hiperaktif ini kedalam tiga golongan utama; yaitu tipe tidak bisa memusatkan perhatian, tipe hiperaktif impulsive, dan tipe gabungan keduanya.

Penanganan terhadap anak ADHD dengan penuh rasa cinta

Mengapa anda diajak untuk mengenal Penanganan Tehadap Anak ADHD lebih jauh, karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang ampuh untuk menyembuhkannya, tetapi dengan mengungkap penyebabnya, diharapkan akan ada obat efektif yang tercipta nantinya, Untuk saat ini, anda yang memiliki anak ADHD bisa membantunya dengan terapi yang disertai obat-obatan untuk menekan tindakan hiperaktifnya. Pendampingan yang sesuai dari orangtua, dokter, guru, sampai teman bermainnya juga bisa sangat menolong dalam menciptakan suasana yang pas untuk perkembangannya. Kenyataannya, anak-anak ini memang membutuhkan ruang gerak yang lebih luas, seperti juga kecerdasan mereka yang sebenarnya diatas rata-rata. Karena itulah, pendamping harus cerdas mengenali kesukaan atau hoby nya supaya dapat dijadikan penyaluran dan pengarahan positif untuk kecerdasan dan keaktifan anak tersebut.

Baca Juga:  10 Pertanyaan Penting Bagi Yang Sulit Punya Anak

Temukan cara paling tepat dalam penanganan terhadap anak ADHD

Untuk mendidiknya, anda boleh disiplin tetapi jangan pernah menghukum berlebihan jika dia membuat kesalahan. Anda bisa membuat perjanjian atau kesepakatan tentang apa yang benar, baik, dan apa yang tidak bersamanya. Perhatikan betul cara anda berkomunikasi dengannya, jangan sampai anak tersinggung. Jadi sebagai orangtua, anda memang harus ekstra sabar, terus memberi kasih sayang tanpa batas, serta perhatian yang besar dalam mengontrol tingkah lakunya. Percayalah, masih ada masa depan cerah baginya. Lihat saja Albert Einstein, John F Kennedy, Thomas Edison, Michael Jordan, sampai Bill Gates. Jangan pernah menganggap ADHD sebagai penyakit. Anak anda juga tidak nakal, dia hanya membutuhkan Penanganan Tehadap Anak ADHD yang tepat dan bersahabat.