Daripada Memakai Obat Tidur, Mengapa Tidak Memakai Bahan Alami Ini Saja?

DokterSehat.Com – Banyak masyarakat urban yang mengalami stress dan depresi karena kehidupan kota yang sangat sibuk dan penuh dengan tekanan. Rasa stress dan depresi ini pada akhirnya memicu masalah kurang tidur sehingga banyak orang yang akhirnya mengkonsumsi obat tidur hanya demi mendapatkan tidur yang nyenyak dan lelap. Tahukah anda, penggunaan obat tidur dalam waktu lama sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Beberapa pakar kesehatan bahkan menemukan fakta bahwa obat tidur bisa memicu kanker. Untuk menghindari resiko kesehatan ini, mengapa kita tidak coba beralih ke beberapa bahan herbal yang bisa membuat tidur kita lebih nyenyak?

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

Kita tidak akan tidur nyenyak jika kita masih merasakan cemas. Padahal, tanpa kita sadari, saat kita berbaring sebelum tidur, sering kali kita berpikir tentang banyak hal yang bisa memicu stress dan rasa cemas. Sebelum beranjak ke tempat tidur, cobalah untuk mengkonsumsi susu yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih tenang dan nyaman. Cobalah anda mengingat masa kecil anda dimana saat anda meminum susu anda bisa saja tertidur lelap. Susu sendiri ternyata mengandung bahan asam amino yang diyakini bisa memberikan rasa tenang pada otak sehingga kita pun akan mudah untuk tertidur. Kita juga bisa menambahkan madu atau teh herbal ke dalam susu sehingga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan tidak mudah cemas sebelum tidur.

Selain susu, cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang biasanya memang dikenal sebagai buah yang melancarkan saluran pencernaan. Hanya saja, kandungan magnesium dan tryptohan yang terdapat pada buah yang manis ini ternyata bisa menjadi penenang alami yang akan membuat otak tidak merasa cemas dan kita akan tidur dengan tenang.

Baca Juga:  Ini Efek Buruk Kesehatan Dari Duduk Terlalu Lama

Jika anda merasa cemas atau gelisah sehingga tak bisa tidur, cobalah mengkonsumsi roti gandum yang kaya akan biji-bijian sehingga memicu produksi hormon insulin yang bisa melancarkan saraf tryptohan dan menenangkan otak. Selain itu, makanan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin B, folate, dan niacin juga diyakini bisa menjadi obat tidur alami bagi mereka yang memiliki masalah insomnia.