Dari Mana Kita Bisa Mendapatkan Asupan Vitamin C Untuk Seharian Penuh?

DokterSehat.Com – Salah satu jenis vitamin yang cukup banyak diperhatikan oleh manusia adalah vitamin C. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari, kita bisa membuat sistem imunitas tubuh bekerja dengan lebih baik dan membuat tampilan menjadi lebih maksimal. Hanya saja, banyak orang yang kesulitan untuk memenuhi asupan vitamin C setiap hari karena kurang menyukai makanan buah-buahan atau sayuran. Sebenarnya, dari mana sajakah kita bisa mendapatkan vitamin C bagi tubuh untuk sehari?

doktersehat-sayuran-olahraga

Pakar kesehatan menyebutkan jika pria setidaknya membutuhkan vitamin C sebanyak 90 mg. Sementara itu, kaum hawa hanya membutuhkan vitamin C sejumlah 75 mg saja untuk setiap harinya. Untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin C ini, maka kita pun harus pandai-pandai mengatur apa saja yang kita makan setiap hari. Dikarenakan sayur dan buah-buahan adalah sumber utama dari vitamin C, maka kita bisa mengkonsumsi layaknya jeruk, tomat, kol, kelengkeng, atau bahkan blewah. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kelengkeng memiliki setidaknya 84 mg vitamin C, tomat memiliki 34 mg vitamin C, kol memiliki 48 mg vitamin C, blewah memiliki 49 mg vitamin C, dan juga buah yang sangat identik dengan vitamin C, yakni jeruk, memiliki kandungan 54 mg untuk setiap buahnya.

Melihat angka-angka ini, jika kita mengkonsumsi setidaknya dua buah jeruk setiap harinya maka kita sudah bisa memenuhi asupan vitamin C setiap hari. Hanya saja, kadang kala kita tentu akan mudah merasa bosan dengan konsumsi makanan yang itu-itu saja dan pada akhirnya tidak mengkonsumsi makanan kaya vitamin C tersebut. Pakar kesehatan pun menyebutkan jika kita bisa mengkombinasikan konsumsi makanan segar dengan jus yang bisa dibuat dari campuran buah dan juga sayuran.

Baca Juga:  Waspada EAH1N1, Penyebab Swine Flu Terbaru

Jika kita bisa memenuhi asupan vitamin C setiap hari, kita secara tidak langsung juga ikut membuat daya ingat kita menjadi lebih baik, membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar, dan membuat proses penyerapan zat besi menjadi lebih mudah dilakukan. Kesehatan tubuh secara umum pun akan jauh lebih sehat.