Dampak Tak Terduga Terlalu Banyak Minum Teh

doktersehat-teh-celup-untuk-mata-lelah
pic credit: pasi mammela

DokterSehat.Com– Teh dikenal sebagai salah satu minuman yang paling sehat. Tak hanya mampu menangkal stress dan menghangatkan tubuh, beberapa jenis teh bahkan diklaim mampu membantu proses penurunan berat badan. Hanya saja, menurut penelitian yang dilakukan oleh Newby Teas, terlalu banyak minum teh ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari The Sun, cukup banyak produk teh yang ternyata memiliki kandungan fluoride yang cukup tinggi. Sebagai informasi, fluoride mudah ditemukan dalam produk pasta gigi dan mampu melindungi enamel gigi dengan lebih baik. Namun, jika kita mengonsumsi fluoride dengan berlebihan, maka kita akan mengalami kondisi yang disebut sebagai fluorosis.

Jika kita sampai mengalami masalah fluorosis, maka gigi akan mengalami kerusakan pada bagian enamelnya. Bahkan, jika masalah fluororis ini juga mengenai tulang dan persendian, maka kita akan mengalami sensasi kaku dan sulit bergerak.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan kita untuk membatasi asupan teh maksimal 4 cangkir saja per hari. Jika kita minum lebih banyak dari jumlah tersebut, maka kita juga akan meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan ini.

  1. Susah tidur

Layaknya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Bahkan, dalam secangkir teh hitam atau teh hijau terdapat 40 mg kafein. Jika kita terlalu sering mengonsumsinya, maka risiko untuk mengalami masalah susah tidur atau insomnia akan meningkat.

  1. Osteoporosis

Teh memiliki sifat diuretik atau membuat kita lebih sering buang air kecil. Yang menjadi masalah adalah, hal ini bisa membuat kalsium di dalam tubuh terkuras. Padahal, kekurangan kalsium adalah salah satu pemicu utama dari masalah osteoporosis.

  1. Anemia

Terlalu sering mengonsumsi teh akan menurunkan penyerapan zat besi dari makanan hingga 60 persen. Hal ini akan membuat tubuh lebih rentan terkena anemia.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang tidak sering-sering mengonsumsi teh demi menjaga kesehatan tubuh.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik