Dampak Positif Melakukan Sunat Bagi Pria

DokterSehat.Com – Selain karena faktor agama, sebagian besar pria di tanah air akan melakukan sunat karena faktor kesehatan tubuh. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika dipotongnya salah satu bagian alat kelaimn pria ini bisa memicu penis yang semakin sehat, khususnya saat sang pria mulai beranjak dewasa. Bahkan, beberapa pakar seksologi menyebutkan jika pria yang disunat juga cenderung memiliki kehidupan seksualitas yang lebih baik. Apa sajakah kebaikan yang diberikan jika pria melakukan sunat?

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Pakar kesehatan seksual menyebutkan jika seorang pria sudah melakukan sunat, maka Ia akan cenderung memiliki kemampuan menahan orgasme saat berhubungan intim dengan jauh lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di turki menunjukkan fakta dimana pria yang disunat lebih baik dalam bertahan dalam sebuah hubungan intim hingga rata-rata 20 detik lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan sunat. Meskipun hal ini masih menjadi perdebatan, sebuah penelitian lain di Denmark juga mendukung adanya peningkatan kualitas kehidupan seksual dimana wanita yang menikahi pria yang sudah sunat cenderung akan mengalami kepuasan yang lebih baik dimana orgasme pun akan lebih mudah untuk didapatkan.

Pria yang disunat ternyata juga cenderung lebih aman dari penularan beberapa jenis penyakit seksual. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dilakukan di Baltimore, Amerika Serikat, menunjukkan jika resiko pria yang tidak disunat untuk terkena HIV ternyata dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang sudah sunat. Hal ini dikarenakan kulup penis yang tidak disunat lebih beresiko terkena infeksi HIV dan lipatan kulup inilah yang bisa menjadi tempat berkembang berbagai jenis bakteri penyebab penyakit.

Selain untuk kebutuhan seksualitas, pria yang disunat juga cenderung memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena kanker. Hal ini dikarenakan kulup penis yang beresiko mengalami inflamasi dan penularan penyakit yang bisa memicu kanker telah dihilangkan saat proses sunat berlangsung. Dengan adanya fakta ini, memang ada baiknya kita menyunat alat kelamin kita, bukan?