Dampak Positif Berpelukan Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Berpelukan sering kali diidentikan dengan kegiatan memadu kasih diantara dua insan yang saling mencintai. Well, berpelukan ternyata tidak harus dilakukan mereka yang sedang dimabuk cinta saja. Anggota keluarga atau teman dekat juga bisa berpelukan jika sedang mengalami masa berbahagia atau sekadar untuk menenangkan orang lain. Berpelukan memang memiliki efek menenangkan jika dilakukan, dan bahkan, pakar kesehatan berkata jika berpelukan bisa memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya seseorang melakukan delapan kali pelukan untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.

doktersehat-pasangan-couple

Memberikan pelukan akan memberikan rasa nyaman sekaligus keamanan. Jika anda memeluk anak saat mereka sedang ketakutan atau sedih, maka mereka pun akan merasa lebih aman dan nyaman sehingga rasa takut atau sedih pun bisa mereda. Selain itu, pelukan juga bisa memberikan efek rileks bagi yang melakukannya. Beberapa orang yang mengalami stress atau sedang marah bisa menjadi lebih rileks jika dipeluk karena pelukan ternyata juga bisa memberikan efek semakin lancarnya peredaran darah dalam tubuh. Pasangan suami istri yang rajin berpelukan setiap hari juga bisa menjaga keharmonisan rumah tangga dengan lebih baik karena berpelukan bisa semakin mengikat emosi dan spiritual kedua belah pasangan. Hal yang sama berlaku antara orang tua dan juga anak-anak.

Dengan melakukan pelukan, kita bisa membuat kinerja hormon serotonin atau oksitosin dalam tubuh menjadi lebih baik. Hormon tersebut bisa membuat rasa tenang dan bahagia sehingga mood pun menjadi lebih baik yang tentu akan berimbas pada kesehatan fisik yang lebih baik. Seseorang yang dipeluk juga cenderung akan lebih percaya diri. Anak-anak yang sedang gugup atau kebingungan bisa menjadi lebih tenang dan percaya diri jika dipeluk oleh orang tuanya.

Baca Juga:  Kemandulan pada Pria itu disebut ‘Azoospermia’

Dampak positif dari berpelukan adalah efeknya yang setara dengan meditasi. Layaknya meditasi, berpelukan juga bisa membuat psikologis melepaskan berbagai beban masalah sehingga pikiran pun menjadi lebih tenang dan lebih nyaman. Hal ini berarti tubuh pun akan terbebas dari rasa cemas dan ketakutan yang bisa memicu masalah kesehatan yang cukup buruk jika berlangsung lama.