Dampak Pakai Bra Terlalu Ketat

DokterSehat.Com – Bra atau pakaian dalam perempuan yang berguna menopang payudaraternyata memiliki fungsi lain untuk kesehatan tubuh orang tersebut. Sayangnya, tak sedikit para Kaum Hawa yang memakai bra dengan ukuran salah atau tak semestinya. Hal ini, berisiko negatif pada tubuh.

5

Kebanyakan perempuan lebih suka memakai bra dengan ukuran lebih kecil dari semestinya. Tujuannya, tentu agar payudaranya terlihat lebih besar dan padat. Padahal, itu menyiksa payudara dan juga menggangu kesehatan tubuh. Nah, untuk tahu apa saja efek buruk yang terjadi pada tubuh bila mengenakan bra kekecilan.

Berikut ini dampak bra terlalu ketat :

  1. Pernapasan terganggu
    Jika bra terlalu ketat atau jika underwire (kerangka bawah bra) tidak pas pada tulang dada, Anda tidak akan bisa bernapas dengan benar.
  1. Gangguan pencernaan
    Bra yang ketat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yang dapat menghambat aliran sistem pencernaan.
  1. Nyeri punggung
    Bra tidak pas juga dapat meningkatkan risiko sakit punggung.
  1. Postur tubuh yang buruk
    Bra terlalu ketat dapat membuat Andan cenderung membungkuk, sehingga menyebabkan ketegangan.
  1. Lecet
    Bra yang kekecilan juga dapat membatasi sirkulasi darah dan oksigen ke bagian-bagian tertentu dari tubuh. Gesekan dari bra yang ketat juga dapat menyebabkan goresan dan lecet pada kulit.
  1. Nyeri payudara
    Sirkulasi yang terbatas pada payudara dapat membuat Anda tidak nyaman. Hal ini dapat menyebabkan masalah berikutnya seperti nyeri pada payudara.
  1. Kanker
    payudara Bra kekecilan dapat membatasi aliran getah bening pada payudara, yang dapat meningkatkan racun dalam payudara sehingga dapat memicu kanker.

Oleh karena itu harus berhati-hati dalam memilih dan menggunakan bra agar tidak teralu sempit dan ketat, terutama pada wanita.