Dampak Negatif Payudara yang Terlalu Besar

Doktersehat.com – Kebanyakan wanita ingin terlihat sexy dengan memiliki payudara yang besar. Itulah sebabnya banyak wanita yang memilih operasi plastik dengan menyisipkan implan silikon ke dalam payudaranya. Padahal operasi tersebut belum tentu aman bagi kesehatan Anda. Terlebih masalah kesehatan yang akan ditimbulkan setelah payudara Anda menjadi lebih montok.



Bersyukurlah bagi Anda yang dikaruniai payudara yang biasa saja. Menurut sebuah penelitian, payudara yang terlalu besar dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Tak hanya wanita saja yang berisiko terancam kesehatannya akibat ukuran payudara yang terlalu besar. Laki-laki pun juga bisa mengalaminya walaupun hal ini jarang terjadi.

Payudara besar dapat mempengaruhi fisik dan juga emosional dari pasien yang berdampak pada kualitas hidupnya. Berikut dampak yang ditimbulkan akibat memiliki payudara yang besar:

1. Terbatasnya aktivitas

American Society of Plastic Surgeons menjelaskan bahwa payudara yang besar dapat membatasi aktivitas atau gerak seseorang. Orang yang memiliki payudara yang terlalu besar mungkin akan sulit untuk melakukan kegiatan seperti yoga, golf, atau berjalan. Keterbatasan dalam beraktivitas ini dapat menyebabkan seseorang tidak menikmati hidup dan menghambat gaya hidup sehat.

2. Gangguan emosional

Pada kenyataannya memiliki payudara yang berukuran besar tak selalu membuat orang menjadi percaya diri. Sebagian orang malah merasa rendah diri akibat memiliki postur tubuh yang berbeda dengan yang lainnya.

Selain itu, besarnya payudara juga dapat mempengaruhi wanita saat memilih pakaian, rasa tidak nyaman ketika tidur, situasi sosial yang terganggu, dan kenyamanan.

3. Gangguan saraf

Payudara yang besar dan berat serta ukuran yang tidak proporsional dapat mengakibatkan sikap tubuh yang buruk serta dapat berdampak pada gangguan saraf kronis. Masalah saraf yang timbul bisa seperti kesemutan dan mati rasa di tangan serta lengan pada siang ataupun malam hari.

4. Timbul sakit dan rasa nyeri

Baca Juga:  Tangan Sering Kesemutan, Gejala Sindrom Karpal Tunel!

Seseorang yang memiliki payudara besar kerap menderita sakit kronis atau jangka panjang yang berdampak pada kualitas hidupnya. Buah dada yang besar dan berat bisa mengakibattkan nyeri punggung, bahu, leher, bahkan sakit kepala.

5. Masalah kulit

Area di bawah payudara yang besar akan lebih lembab dan sulit menjaga agar selalu kering akibatnya sering muncul iritasi, infeksi ragi, dan ruam pada kulit. Tekanan tali bra yang menahan payudara besar juga dapat menyebabbkan lekukan atau goresan di bahu. Selain itu, masalah lain yang muncul adalah peregangan kulit di payudara dan membesarnya areola (daerah cokelat di sekitar puting)

Sumber: okalina.com