Dampak Negatif Memakai Bra Yang Ukurannya Tidak Sesuai Dengan Payudara

DokterSehat.Com – Tahukah anda, 4 dari 5 wanita di dunia ini ternyata masih tidak memakai ukuran bra yang sesuai dengan payudaranya. Ada yang memakai ukuran jauh lebih besar, dan ada pula yang memilih untuk memakai ukuran bra yang lebih kecil. Selain karena malas membeli bra yang baru, banyak wanita yang memilih model bra alih-alih ukuran yang pas menjadi pemicu hal ini. Padahal, ukura bra yang kurang sesuai dengan payudara bisa memicu masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-bra-bh-wanita-sex-seks-seksi-underwear

Masalah payudara mengendur yang bisa menurunkan rasa percaya diri kaum hawa ternyata kerap kali disebabkan oleh ukuran bra yang terlalu besar. Beberapa orang memakai bra dengan ukuran lebih besar dari payudaranya mengaku jika lama-kelamaan payudaranya akan mengendur. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ukuran bra terlalu besar membuat payudara lebih mudah bergerak karena tidak ada yang benar-benar menopangnya. Selain itu, ada kecenderungan payudara menjadi lebih mudah bergesekan dengan kulit yang beresiko terkena iritasi. Sebaliknya, jika bra ternyata terlalu kecil, sirkulasi darah pada payudara akan terganggu sehingga memicu rasa tidak nyaman dan munculnya resiko kesehatan kulit pada payudara.

Ukuran bra yang tidak pas, khususnya yang terlalu ketat akan membuat kita lebih mudah mengalami sesak nafas. Beberapa orang bahkan menyebutkan jika pergerakan tulang rusuk untuk bernafas sangat terganggu dengan bra yang terlalu ketat. Selain itu, punggung juga beresiko mengalami rasa nyeri yang luar biasa, khususnya pada punggung atas jika kitamemakai bra yang terlalu ketat. Tali bra yang ketat ternyata sangat berpengaruh pada pergerakan punggung yang menjadi tidak bebas dan kaku.

Bra yang terlalu ketat ternyata juga bisa memicu rasa sakit di kepala dan leher. Tekanan pada area punggung dan otot-otot leher yang berlebihan akibat bra ini bisa memicu sakit kepala cervicogenik dan nyeri leher. Uniknya, jika bra juga terlalu besar, area leher ternyata juga menjadi penopang utama payudara sehingga juga bisa memiliki resiko terkena nyeri leher layaknya jika memakai bra terlalu ketat.