Dampak Negatif Dari Mendapatkan Suntikan Insulin

DokterSehat.Com – Selain penyakit jantung dan juga kanker, masyarakat Indonesia juga kini sangat mewaspadai penyakit diabetes. Kecenderungan sebagian masyarakat yang suka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ditengarai menjadi penyebab mengapa cukup banyak penderita diabetes di Indonesia. Diabetes, baik itu diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 adalah kondisi dimana tubuh mengalami masalah pada produksi insulin dan memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Menyembuhkan diabetes adalah hal yang sangat dilakukan dan bahkan penderita diabetes yang harus sering melakukan suntikan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

Several graduated cylinders of various thickness and heights with white side markings in front of a large beaker. They are all filled about halfway with red or blue chemical compounds. The blue ink is showing signs of Brownian motion when dissolving into water.

Memberikan suntikan insulin ternyata tidak serta merta akan memberikan solusi bagi mereka yang terkena diabetes. Suntikan insulin ternyata juga bisa memberikan efek samping bagi kesehatan meskipun kasus ini tergolong cukup langka terjadi. Apa sajakah efek samping yang beresiko didapatkan oleh mereka yang mendapatkan suntikan insulin?

Saat mendapatkan suntikan insulin, kadar gula darah pun akan cenderung akan menurun. Yang menjadi masalah adalah, ada beberapa orang yang mengalami penurunan kadar gula dalam darah dengan drastis dan pada akhirnya mengalami mual-mual, keringat dingin, hingga pernafasan yang menjadi jauh lebih cepat. Beberapa bahkan akan jatuh pingsan karena hal ini. Selain itu, sistem metabolisme pada tubuh pun akan ikut melambat dan bisa menimbulkan keterlambatan pada fungsi otak, kejang-kejang, hingga pusing-pusing.

Dampak lain dari mendapatkan suntikan insulin adalah pada kulit penderita diabetes. Seringnya mendapatkan suntikan tentu akan membuat kulit beresiko terkena iritasi atau peradangan karena jarum suntik. Selain itu, kulit juga beresiko mengalami pembengkakan dan gatal-gatal. Satu hal yang pasti, penderita diabetes tidak boleh asal menyuntikkan insulin tanpa adanya petunjuk dari dokter sehingga efek samping yang disebutkan di atas bisa diminimalisir.