Dampak Mengerikan Hubungan Seks diluar Pernikahan

DokterSehat.Com – Pergaulan diikuti dengan makin banyaknya remaja yang terjebak melakukan hubungan seks di luar pernikahan yang sudah dalam  tahap yang memprihatinkan, namun yang harus lebih diperhatikan adalah banyaknya remaja yang tidak memahami dampak mengerikan dari seks bebas tersebut. Dampak mental tentu saja menjadi pengaruh pertama yang dirasakan pelaku hubungan seks di luar pernikahan, rasa minder di hadapan teman dan orang sekitar bercampur dengan perasaan bersalah.



Resiko lain dari hubungan seks di luar pernikahan adalah terkena penyakit kelamin seperti syphilis, HIV aids, dan kehamilan di luar pernikahan. Secara fisik tindakan aborsi memberikan dampak jangka  pendek secara langsung berupa perdarahan, infeksi pasca aborsi, sepsis dan yang paling mengerikan adalah terjadinya kematian terhadap wanita yang melakukan aborsi. Sedangkan dampak jangka panjang aborsi adalah mengganggu kesuburan sampai terjadinya infertilitas. Di amerika lebih dari 200 wanita mati setiap hari disebabkan karena komplikasi pengguguran (aborsi) bayi secara tidak aman.

Untuk perempuan dibawah usia 17 tahun yang pernah melakukan hubungan seks bebas akan beresiko tinggi terkena kanker serviks, beresiko tertular penyakit kelamin dan HIV-AIDS yang bisa menyebabkan kemandulan bahkan kematian. erjadinya KTD (kehamilan yang tidak diinginkan) hingga tindakan aborsi yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, kanker rahim, cacat permanen bahkan berujung pada kematian.

Dampak Psikologis Sex Bebas yang seringkali terlupakan ketika melakukan free sex adalah akan selalu muncul rasa bersalah, marah, sedih, menyesal, malu, kesepian, tidak punya bantuan, binggung, stress, benci pada diri sendiri, benci pada orang yang terlibat, takut tidak jelas, insomnia (sulit tidur), kehilangan percaya diri, gangguan makan, kehilangan konsentrasi, depresi, berduka, tidak bisa memaafkan diri sendiri, takut akan hukuman tuhan, mimpi buruk, merasa hampa, halusinasi, sulit mempertahankan hubungan.

Baca Juga:  Waspada Penyakit Pada Kelamin Ulkus Mole

Penyebab

Adapun penyebab dari hubungan seks diluar nikah adalah kurangnya perhatian orang tua, pengaruh alkohol, bacaan remaja yang bermuatan seks, perilaku lesbianisme pada remaja meningkat dan akibat teknologi telekomunikasi.

Tips mencegah hubungan seks di luar nikah

Membekali remaja putri Anda dengan pengetahuan mengenai seks bebas tentu bisa menjadi dasar agar tidak terjerumus dalam hubungan seks di luar nikah. Adapun tips lanjutan yang bisa anda pilih adalah :

  • Memberikan pengetahuan seks diluar nikah memberikan pengaruh buruk terhadap mental dan organ reproduksi khususnya wanita.
  • Memberitahukan bahwa remaja yang menjadi ibu muda mempunyai emosional dan psikologis yang belum matang untuk membesarkan seorang bayi.
  • Berikan Perhatian terhadap anak remaja anda. Dukung dan fasilitasi hobi mereka yang positif, agar tidak banyak waktu terbuang untuk memikirkan masalah seks.
  • Sebuah penelitian didapatkan anak perempuan yang dilahirkan dan dibesarkan dari orangtua yang mengalami kehamilan di luar nikah, juga akan mengalami hal serupa saat mereka remaja. Maka anda harus lebih menjaga anak-anak anda.