Manfaat Menelan Sperma Bagi Wanita

manfaat menelan sperma bagi wanita

DokterSehat.Com – Apakah ada manfaat menelan sperma bagi wanita? Mungkin Anda kerap mendengar mitos bahwa menelan sperma dapat membuat wanita awet muda. Pada kenyataannya air mani atau sperma memang mengandung banyak zat-zat gizi yang bagus untuk pembuahan.

Namun, manfaat dari sperma malah akan hilang jika sperma masuk ke sistem reproduksi. Benarkah demikian? Kemudian, apakah memang benar ada manfaat menelan sperma bagi wanita?

Dalam perspektif kesehatan, air mani dipandang sebagai suatu substansi biologis yang dikeluarkan oleh pria untuk membuahi telur-telur dari wanita melalui proses persatuan sperma-telur. Cairan semen atau air mani atau cairan organik ini juga dikenal sebagai seminal fluid, yang biasanya mengandung spermatozoa.

Hasil penelitian Johnson dan Everitt dalam bukunya Essential Reproduction (2000) mengungkapkan bahwa air mani berisi kandungan gizi yang tinggi. Penelitian seperti ini menyebabkan banyak orang bertanya-tanya apakah terdapat manfaat menelan sperma bagi wanita.

Dalam ejakulasi khas (kira-kira satu sendok teh), air mani sudah mengandung 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, tembaga dan seng. Berikut rincian kandungan nutrisi pada air mani, serperti dilansir dari netdoctor:

Gula 
1. Fruktosa: gula yang sangat manis yang juga terkandung di dalam buah-buahan dan madu
2. Sorbitol: pemanis yang sering dijadikan sebagai pengganti gula pada penderita diabetes
3. Inositol: zat manis ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan sering dianggap sebagai makanan otak

Protein dan asam amino 
1. Glutathione: antioksidan penting yang dapat mengikat racun seperti logam berat, pelarut dan pestisida
2. Deoxyribonucleic acid (DNA): asam nukleat yang mengandung instruksi genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup
3. Creatine: pasokan energi untuk kontraksi otot

Mineral 
1. Fosfor: membantu tubuh menyerap kalsium untuk membuat tulang kuat
2. Seng
3. Magnesium: membantu mempertahankan otot normal dan fungsi saraf, menjaga irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, membuat tulang kuat, membantu mengatur tingkat gula darah, meningkatkan tekanan darah normal, dan juga terlibat dalam metabolisme energi dan sintesis protein.
4. Kalsium: membuat tulang kuat
5. Kalium: sangat penting untuk pertumbuhan normal tubuh dan untuk penggantian jaringan usang

Vitamin 
1. Ascorbic acid (vitamin C): dapat membantu seseorang tampak lebih muda dan cantik. Vitamin C juga mendorong pertumbuhan rantai protein dalam kolagen, yang merupakan bahan utama dalam semua jaringan berserat.
2. Vitamin B12: meningkatkan energi
3. Kolin: mempertajam pikiran

Hormon 
1. Testosteron: mendorong fungsi seksual dan meningkatkan dorongan seks
2. Prostaglandin: berpartisipasi dalam berbagai fungsi tubuh seperti kontraksi dan relaksasi otot polos, dilatasi dan penyempitan pembuluh darah, kontrol tekanan darah, dan modulasi peradangan.

Produk tubuh 
1. Asam laktat
2. Urea
3. Asam urat
4. Nitrogen

Manfaat Menelan Sperma bagi Wanita 

Gara-gara kandungan sperma yang bergizi ini banyak yang percaya sperma yang ditelan perempuan bisa bikin awet muda. Banyak perempuan yang berharap manfaat menelan sperma bagi wanita bisa memberi dampak pada kecantikan. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat menelan sperma bagi wanita bisa menghambat proses penuaan. Efek yang mungkin bisa ditimbulkan hanyalah dampak psikis saja, dalam hal ini sang perempuan merasa bahagia karena berhasil memuaskan pasangannya.

Sampai saat ini juga belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan apakah bahan tersebut bermanfaat ditelan oleh manusia. Manfaat menelan sperma bagi wanita masih menjadi sesuatu yang bias karena belum ada bukti ilmiahnya.

Yang jelas air mani dari pria yang sehat dan tidak terinfeksi penyakit akan membuat calon embrio juga sehat. Namun, ada pula yang berpendapat efek menelan sperma akan memberi dampak pada fisiologi wanita karena protein yang terkandung pada cairan sperma bisa memicu otak untuk mendorong terjadinya ovulasi. Namun tetap saja hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan hingga ada bukti ilmiah yang valid. Manfaat menelan sperma bagi wanita masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain dipercaya ada manfaat minum sperma, seorang wanita yang mengharapkan manfaat menelan air mani sebaiknya juga memikirkan efek samping menelan sperma. Air mani ternyata juga bisa menjadi tidak baik bagi kesehatan kita. Efek samping menelan sperma bisa menjadi hal yang fatal apabila tidak diperhitungkan.

Misalnya saja, air mani bisa membawa infeksi menular seksual dan ini merupakan sesuatu yang buruk bagi tubuh Anda. Apalagi jika ada luka terbuka atau daerah dari mulut kita atau tenggorokan yang memiliki lecet, luka, atau pun bukaan. Mungkin proses transmisi bisa lebih tinggi, demikian yang dilansir Askmen.

Dalam beberapa kasus, baik pria maupun wanita, ada yang alergi terhadap cairan sperma atau air mani. Meskipun jarang, beberapa orang akan mengalami gejala, seperti flu, mual, nyeri, gejala fisik, sakit kepala, dan reaksi yang tidak diinginkan lainnya. Efek menelan sperma ini tentunya harus diperhitungkan oleh wanita sebagai akibat menelan sperma pria, selain mengharapkan manfaat sperma tersebut.

Para seksolog menilai, ada orang yang bisa melakukan aktivitas seksual dengan menelan air mani dan mengharapkan manfaat sperma, tapi ada juga yang tidak. Beberapa orang menganggap itu hal yang kotor baik dari tekstur, maupun rasa, sekaligus berpikir detail mengenai akibat menelan sperma pria. Namun, ada individu yang memiliki respon psikosomatik air mani, yang berarti pikiran mereka menghasilkan respons fisik sebagai reaksi.

Manfaat Menelan Sperma Bagi Wanita – Apakah Menelan Sperma Bisa Hamil?

Apakah menelan sperma bisa hamil? Banyak orang terutama kaum wanita yang bertanya-tanya apakah menelan sperma bisa hamil. Kehamilan menjadi salah satu hal yang menjadi pertanyaan sebagai efek menelan sperma. Banyak perempuan yang khawatir akibat menelan sperma pria, kehamilan yang tak diinginkan akan terjadi. Betulkah demikian?

Pendapat bahwa efek menelan sperma bisa menyebabkan kehamilan ternyata kurang tepat. Spermatozoa yang terkandung pada cairan sperma adalah sel hidup yang dapat mati pada lingkungan yang kurang sesuai. Spermatozoa bisa bertahan hidup di saluran reproduksi wanita hingga mencapai sel telur, namun spermatozoa akan sangat mudah mati jika masuk ke dalam saluran pencernaan.

Jawaban dari pertanyaan apakah menelan sperma bisa hamil adalah tidak. Spermatozoa yang masuk ke dalam mulut dan tertelan hingga ke lambung akan mati karena tercampur oleh enzim-enzim pencernaan dan rusak oleh asam lambung. Kehamilan tidak akan menjadi efek samping menelan sperma. Lagipula, sperma tidak bisa mencapai sel telur jika masuk ke dalam lambung. Lambung dan rahim wanita adalah organ yang terpisah secara fungsional. Sperma yang tertelan tidak akan bisa menyeberangi aliran darah dari lambung menuju ke rahim untuk menyebabkan kehamilan.