Dampak Kesehatan Jika Berenang di Kolam Renang

DokterSehat.Com – Kolam renang umum telah menjadi salah satu tempat rekreasi urban yang sangat diminati di dalam kota. Bermain dengan air tentu sangat mengasyikkan, khususnya bagi anak-anak. Selain itu, jika kita mampu belajar berenang, maka kita juga bisa mendapatkan salah satu keahlian untuk bertahan hidup. Sayangnya, bermain air di kolam renang tentu harus membagi air bersama dengan puluhan atau ratusan orang lain yang bisa saja membawa berbagai macam penyakit. Apa sajakah bahaya jika kita berenang di kolam renang umum?

doktersehat-renang-olahraga

Bahaya Infeksi Penyakit di Kolam Renang
Penyakit kulit adalah hal yang paling umum didapatkan mereka yang suka bermain di kolam renang. Penyakit kulit yang berasal dari jamur layaknya panu memang mudah menular dengan media air di kolam renang. Selain itu, jumlah orang yang terkena penyakit jamur kulit tentu cukup banyak yang berenang di kolam renang, bukan? Untuk menghindari hal ini, kita tentu harus pandai-pandai memilih kolam renang yang memiliki air yang sering diganti dan dijaga kebersihannya. Selain penyakit kulit, mata juga terkena iritasi jika air kolam renang memiliki tingkat kaporit yang sangat tinggi. Mata bisa menjadi memerah dan gatal-gatal jika terkena air kolam renang dalam waktu yang lama dan bisa memicu radang jika kita kucek dengan tangan. Kita bisa memakai kacamata renang berkualitas untuk mengurangi resiko terkena iritasi mata.

Bahaya Menelan Air Kolam
Berenang di kolam renang tentu akan meningkatkan resiko menelan air kolam renang. Air kolam renang bisa jadi berisi banyak bakteri dan kuman dari orang lain dan bahkan banyak kasus dimana orang buang air kecil di dalam kolam renang. Hal ini tentu saja akan membuat kita mudah terkena penyakit perut. Beberapa penyakit layaknya diare, muntah-muntah, dan demam tinggi bisa menyerang tubuh yang menelan banyak air kolam renang.

Baca Juga:  Tips Cara Mencegah Penyakit Maag Kambuh

Cegah Infeksi dengan Antiseptik
Setelah berenang, kita tentu harus langsung membersihkan badan dengan air segar dan sabun antiseptik di tempat bilasan kolam renang. Jangan tunggu badan hingga mengering atau bahkan hingga ke kamar mandi rumah untuk membersihkan badan. Dengan langsung membersihkan badan, kita tentu setidaknya menjaga tubuh dari resiko mendapatkan penyakit kulit dan berbagai kuman penyebab penyakit perut.