Dampak Kesehatan Ibu Hamil Yang Menjadi Perokok Pasif

DokterSehat.Com – Sudah berkali-kali tanpa lelah pakar kesehatan menyerukan betapa berbahayanya dampak negatif dari kegiatan merokok. Namun, tetap saja jumlah masyarakat yang merokok masih cukup tinggi. Padahal, tidak hanya para perokok aktif saja yang beresiko mendapatkan dampak kesehatan yang buruk di masa depan, para perokok pasif, yang ironisnya kerap kali adalah keluarga terdekatnya, juga bisa mendapatkan dampak kesehatan yang sama. Bahkan, banyak pria yang menjadi perokok aktif tetap saja merokok di depan istrinya yang sedang hamil. Padahal, jika ibu hamil menjadi perokok pasif karena terpapar asap rokok dari pasangannya, janinnya bisa mengalami gangguan kesehatan yang berbahaya.

shutterstock_123819496 copy

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Prof dr. Oetama Marsis SpOg, kandungan nikotin dalam rokok sangatlah beracun bagi para perokok aktif, namun, kandungan lain dari rokok yang disebut sebagai benzoapyrene akan menjadi toksin yang sangat berbahaya bagi para perokok pasif. Ibu hamil yang menjadi perokok pasif akan dikhawatirkan mengalami penurunan kualitas ovarium. Dalam banyak kasus, ibu hamil yang menjadi perokok pasif akan mengalami masalah pertumbuhan janin dan bahkan bisa memicu kematian. Selain itu, Prof. Marsis juga berkata jika ibu hamil yang menjadi perokok pasif dikhawatirkan akan membuat janin di dalam kandungannya mengalami kerusakan inti DNA.

Bagi wanita yang belum dikaruniai keturunan, bisa jadi kondisi ini disebabkan karena dirinya menjadi perokok pasif. Menutur Prof. Marsis, paparan asap rokok akan membuat sel-sel telur yang diproduksi akan menjadi tidak berkualitas sehingga bisa mempengaruhi kesuburan dengan signifikan.

Dengan adanya fakta-fakta ini, pria yang menjadi perokok aktif ada baiknya kini menghindari kegiatan merokok di dalam rumah atau dekat dengan keluarganya agar tidak membuat anggota keluarga lain mendapatkan dampak kesehatan yang buruk. Akan lebih baik bahkan jika sang pria mau berhenti merokok demi kesehatan tubuhnya sendiri.