Dampak Ibu Bekerja Di Luar Rumah

DokterSehat.com – Seiring bertambahnya kebutuhan hidup, para ibu terkadang dituntut untuk ikut menambah penghasilan dengan bekerja di luar rumah. Kondisi seperti ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi perkembangan anak.



Penelitian yang dilakukan Crouter di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak laki-laki yang biasanya memiliki kedekatan dengan ibunya malah malas belajar dan prestasinya di sekolah menjadi kurang baik akibat ditinggal ibunya bekerja di luar rumah.

Sementara itu, ibu yang merasa bersalah akibat lebih mementingkan pekerjaan membuat ibu menjadi cenderung memanjakan anak-anaknya. Sikap seperti ini dapat berdampak negatif pada anak, baik dengan lingkungan teman sebayanya maupun prestasi anak di sekolah.

Diam-diam anak juga jeli memperhatikan sikap Anda yang kerap mengeluhkan pekerjaan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menyikapi beban pekerjaan Anda. jika Anda salah menyikapinya di depan anak bisa jadi akan mempengaruhi sikap anak dalam meraih prestasi.

Di sisi lain peran ibu sebagai pekerja juga dapat memberikan dampak positif pada anak laki-laki. Melihat kerja keras yang Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya bisa membuat anak menjadi makin mencintai Anda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak dari ibu yang bekerja lebih baik  dalam mengelola sesuatu, mandiri, dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

Pola asuh dan cara Anda menyikapi urusan pekerjaan di rumah juga menentukan perkembangan anak Anda. Meski banyak menghabiskan waktu di luar rumah sebaiknya tetaplah memberikan contoh sikap yang baik dan tetap lakukan komunikasi bersamanya. Luangkan waktu berkualitas untuk Anda dan anak agar peran Anda sebagai ibu bisa dinikmati oleh anak.

Perlu diingat bahwa kepribadian anak mulai terbentuk sejak usia 0-5 tahun. Pada masa itu anak akan belajar semua hal dari orang-orang yang ada disekitarnya. Maka dari itu, bila Anda meninggalkan anak dengan seorang pengasuh saat pergi bekerja sebaiknya pastikan bahwa pengasuh anak Anda memiliki kepribadian yang baik.

Baca Juga:  Cegah Anak Tak Merokok, Dimulai dari Rumah

Lingkungan yang kurang baik juga bisa mengakibatkan dampak negatif pada perkembangan kepribadian anak di usia selanjutnya.