Dampak Buruk Yang Terjadi Bila Beras Plaastik Masuk Kedalam Tubuh

DokterSehat.Com – Hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi di laboratorium Sucofindo, di Cibitung, Jawa Barat, menunjukkan bahwa sampel beras yang diambil dari Pasar Mutiara Gading Timur terbukti mengandung plastik. Lalu apa bahayanya bila beras sintetis tersebut tertelan dan masuk ke dalam tubuh?

15

Kita harus tahu dulu apa kandungan di plastiknya. Tapi secara umum, plastik mengandung bahan berbahaya seperti resin dan bioksin, ujar Ari Fahrial Syam, dokter dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, kepada CNN Indonesia, Kamis (21/5).

Menurut Ari, plastik merupakan suatu zat bukan makanan yang tidak memiliki nilai gizi dan sifatnya bisa merusak sel dan jaringan tubuh.

Saat masuk ke dalam tubuh, efek buruk yang langsung terasa adalah pada sistem pencernaan. Pada orang yang hipersensitif, masuknya beras plastik ke dalam tubuh bisa langsung menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, seperti kembung, begah, mual, muntah, bahkan bisa menyebabkan diare atau sembelit.

Zat-zat beracun itu juga bisa merusak ginjal dan liver, kata Ari menerangkan.

Tak hanya itu, semua organ di dalam tubuh bisa terpengaruh. Kandungan berbahaya di dalam beras plastik bisa memengaruhi sistem reproduksi seperti ovarium, sperma, sistem saraf pusat, dan sel-sel kulit.

Bahan berbahaya juga bisa merusak struktur jaringan yang bisa mengarah ke keganasan. Kalau dulu kasus yang di China tahun 2011 plastiknya terbukti mengandung bioksin yang bisa menyebabkan kanker.