Dampak Buruk Tubuh Yang Kekurangan Magnesium

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang masih mengkonsumsi makanan setiap hari tanpa memperhitungkan kadar gizi yang seimbang. Asalkan kita merasa kenyang dan makanan terasa nikmat, maka kitapun akan sudah menganggap tubuh kita mendapatkan energi yang cukup untuk aktifitas harian dan berbagai nutrisi yang bisa membuat tubuh kita tetap sehat. Padahal, dalam realitanya, kita memiliki resiko tinggi kekurangan beberapa jenis nutrisi, salah satunya adalah magnesium. Padahal, magnesium sendiri memiliki fungsi penting dalam menjaga sistem tubuh tetap bekerja dengan baik.

doktersehat-Multiple-Sclerosis

Jika kita kekurangan asupan harian magnesium, maka kita akan memiliki resiko besar mendapatkan masalah hipertensi atau masalah tekanan darah tinggi. Magnesium ternyata ikut berperan besar dalam menjaga tekanan darah tetap normal. Dengan minimnya kadar magnesium di dalam tubuh, maka beberapa reaksi kimia alami yang bisa mengendalikan kadar tekanan darah, kadar potasium, hingga kadar kalsium pun bisa mengalami gangguan. Selain itu, mereka yang kekurangan kadar magnesium juga memiliki kecenderungan untuk lebih mudah merasa kesemutan atau kebas. Hal ini disebabkan oleh fungsi magnesium yang ternyata juga berperan besar dalam menjaga fungsi saraf dan juga otot-otot tubuh.

Jangan pernah menyepelekan kondisi kekurangan magnesium karena ternyata bisa memicu masalah sakit kepala sering datang. Magnesium ternyata ikut mempengaruhi reaksi kimia pada otak yang berimbas pada munculnya masalah migrain pada otak. Selain itu, jika tubuh kita kekurangan magnesium, maka kita pun akan beresiko mengalami masalah osteoporosis. Tahukah anda, sekitar 60 persen magnesium ternyata disimpan pada tulang tubuh dan memiliki fungsi menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Jika kadar magnesium ini menurun, maka resiko mendapatkan osteoporosis dan patah tulang tentu akan sangat besar, bukan?

Baca Juga:  Apakah Berbahaya Menahan Kentut?

Untuk menghindari hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium layaknya gandum utuh, kacang-kacangan, hingga sayuran yang memiliki warna daun hijau. Dengan nutrisi magnesium yang cukup, tubuh pun akan tetap terjaga kesehatannya.