Dampak Buruk Tubuh Kekurangan Kalium

DokterSehat.Com – Tubuh membutuhkan beragam jenis vitamin dan mineral untuk membuat berbagai sistem tubuh bisa berjalan dengan baik. Salah satunya adalah kalium. Dengan memenuhi kebutuhan kalium setiap hari, tubuh akan memiliki sumber elektrolit yang cukup untuk memastikan jantung dan otot-otot tubuh melakukan kontraksi seperti biasanya. Kalium sendiri bisa dengan mudah ditemukan dari makanan sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan produk-produk susu serta ikan. Jika kita kurang mendapatkan asupan kalium setiap hari, kita akan beresiko mendapatkan beberapa masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-angin-duduk-angina

Jenis penyakit pertama yang bisa mendatangi tubuh jika kekurangan asupan kalium adalah hipokalemia. Hipokalemia sendiri adalah sebuah kondisi dimana darah memiliki kadar kalium yang sangat rendah sehingga fungsi otot, saraf, hingga sel-sel tubuh akan mengalami kerusakan. Jika kadar kalium di dalam darah tidak mencapai 2,5 mmol/l, maka tubuh pun berada dalam kondisi berbahaya karena bisa menyebabkan masalah pada sel otot jantung atau bahkan memicu kematian. Hipokalemia sendiri bisa disebabkan oleh diare, atau penyakit yang membuat masalah ginjal yang kronis.

Saat tubuh kekurangan kadar kalium dalam darah, maka tubuh pun akan memberikan tanda berupa denyut jantung yang cenderung jauh lebih cepat. Beberapa orang juga mengaku jantungnya merasakan sensasi layaknya dipukul dengan sangat keras. Sebaliknya, ada beberapa orang yang mengalami perlambatan denyut jantung hingga anda merasa sangat lesu seakan-akan keseimbangan tubuh sangat buruk. Beberapa orang juga akan mengalami kejang-kejang, kram otot, hingga gangguan dalam proses metabolisme yang ditandai dengan kembung atau kram pada perut.

Untuk memenuhi kebutuhan kalium setiap hari, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah-buahan layaknya pisang, melon, kiwi, hingga mangga. Beberapa jenis sayur layaknya brokoli, kembang kol, wortel, dan bayam juga bisa dikonsumsi. Selain itu, beberapa produk gandum, kacang-kacangan, dan juga produk susu sehingga kita pun bisa memenuhi kebutuhan kalium setiap hari.