Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Teh Hijau

DokterSehat.Com – Teh hijau termasuk dalam jenis minuman yang dianggap mampu menjaga kesehatan tubuh. Disamping rasanya yang nikmat, kemampuan teh hijau yang juga sangat baik dalam membuat pikiran menjadi lebih rileks membuat banyak orang yang mengkonsumsinya setiap hari. Rajin mengkonsumsi teh hijau memang akan memberikan dampak positif layaknya menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker, mencegah dan mengobati peradangan pada tubuh, hingga menurunkan berat badan. Hanya saja, dibalik berbagai kebaikan dari teh hijau ini, ada baiknya kita tidak mengkonsuminya terlalu banyak setiap hari.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Teh hijau yang dikonsumsi terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan masalah pencernaan. Bagaimana tidak, teh hijau ternyata kaya akan kandungan tanin yang akan kurang cocok dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Jika kita nekat mengkonsumsinya terlalu banyak, yang terjadi justru perut akan terasa mual, sakit perut, hingga terkena masalah sembelit. Selain itu, teh hijau yang kaya akan kandungan kafein ini juga akan membuat efek samping berupa sakit kepala, khususnya yang mengkonsumsinya terlalu banyak. Beberapa bahkan melaporkan munculnya gejala vertigo atau migrain karena kebanyakan mengkonsumsi teh hijau.

Teh hijau yang dikonsumsi terlalu banyak juga bisa membuat masalah kesehatan layaknya diare, masalah tidur, hingga masalah pada detak jantung yang tidak teratur. Teh hijau yang kaya akan kandungan kafein ternyata bisa membuat otot usus menjadi lebih bereaksi dan pada akhirnya membuat banyak kotoran yang dibuang dan diare. Selain itu, kandungan kafein ini juga akan membuat tubuh menjadi terjaga sehingga tidur pun akan semakin sulit didapatkan. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya tidak mengkonsumsi teh hijau di malam hari menjelang waktu tidur.

Dengan banyak mengkonsumsi teh hijau, berarti kita akan membuat penyerapan zat besi dari makanan terganggu. Hal ini tentu akan membuat kesehatan tubuh secara umum terganggu. Ada baiknya kita kini memperbaiki pola makan dimana buah-buahan kaya vitamin C bisa dikonsumsi setiap hari untuk dapat mencegah masalah kesehatan ini.