Dampak Buruk Psikologis Dan Kesehatan Jika Orang Tua Merokok di Depan Anak

DokterSehat.Com – Masyarakat tanah air, khususnya kaum pria telah memiliki budaya merokok yang sangat kuat. Kita tentu akan sangat mudah menemukan pria yang merokok di tempat umum bukan? Yang menjadi masalah, dengan kuatnya kultur merokok ini, banyak pria yang dengan entengnya tetap merokok meskipun berada di depan anaknya atau bahkan istrinya yang sedang hamil! Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kesehatan anak maupun istrinya. Jika anda adalah pria yang terbiasa merokok di depan anak anda, bisa jadi anak anad beresiko mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Merokok di depan anak berarti memberikan kesempatan bagi anak untuk menjadi perokok pasif. Padahal, menjadi perokok pasif memiliki tingkat bahaya yang sama jika dibandingkan dengan menjadi perokok aktif. Anak pun bisa beresiko mengalami penyakit bronkitis atau pneumonia. Bronkitis sendiri adalah kondisi dimana saluran udara utama pada organ paru-paru mengalami peradangan yang hebat dan pneumonia adalah peradangan pada organ paru-paru yang lebih dalam. Kedua masalah pada organ pernafasan ini adalah penyakit berat yang tentu sulit untuk disembuhkan.

Pertumbuhan paru-paru pada anak juga beresiko terhambat karena banyaknya zat racun yang memasuki organ paru-parunya dari asap rokok. Bahkan pakar kesehatan berkata jika saat anak tumbuh dewasa nantinya, Ia bisa mengalami masalah pernafasan layaknya mudah terkena batuk-batuk atau bahkan terkena penyakit asma. Beberapa laporan bahkan menunjukkan jika anak-anak sering menghisap asap rokok ternyata beresiko membuat sindrom kematian mendadak pada anak, khususnya yang berusia di bawah satu tahun. Asap rokok bisa membuat penyumbatan pada saluran pernafasan sehingga menyebabkan kematian mendadak.

Orang tua yang kerap merokok di depan anaknya tentu akan membuat anaknya berpikir bahwa hal tersebut normal untuk dilakukan dan pada akhirnya akan membuat anak tertarik untuk merokok. Jika seseorang merokok semenjak usia yang sangat dini, maka organ pernafasan dan berbagai organ penting tubuh lainnya pun beresiko akan mengalami kerusakan yang jauh lebih besar sehingga membuat banyak penyakit berdatangan. Jika anda menyayangi anak anda dan tidak ingin anak anda mengalami berbagai masalah kesehatan ini, berhentilah merokok sekarang juga atau setidaknya jangan merokok di depan anak anda dan cobalah untuk berangsur-angsur menghentikan kebiasaan buruk ini.