Dampak Buruk Pada Kesehatan Bayi Jika Tidur di Kamar ber AC

DokterSehat.Com – Setiap orang tua tentu berharap bayi yang baru saja dilahirkan akan berada dalam kondisi kesehatan terbaik dan mendapatkan tumbuh kembang dengan cepat baik dalam hal fisik maupun otak. Berbagai nutrisi terbaik pun diberikan pada bayi baik itu ASI eksklusif yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai makanan sehat khusus untuk bayi setelah beberapa bulan. Selain itu, kebersihan bayi juga sangat diperhatikan agar bayi merasa nyaman dengan tubuhnya dan kulitnya tidak mengalami masalah. Sayangnya, banyak orang tua yang masih kurang memperhatikan kamar yang dipakai bayi untuk beristirahat.

shutterstock_130041101 copy

Kita memang tinggal di negara tropis dengan suhu yang cenderung hangat dan panas setiap saat. Suhu yang panas ini memang bisa dinetralisir dengan penggunaan kipas angin atau AC yang bisa menurunkan suhu ruangan. Banyak orang yang berpikir bahwa kipas angin sangat tidak sehat bagi tubuh, khususnya tubuh bayi karena angin yang memapar langsung tubuh bisa menyebabkan gangguan penyakit. Sayangnya, banyak orang tua yang memilih untuk memasang AC pada kamar bayi yang ternyata juga bisa memberikan gangguan kesehatan bagi tubuh sang bayi.

Sebuah Studi di Universitas Otago di Selandia baru ternyata menunjukkan hal yang sangat mengejutkan dimana bayi yang tidur di kamar ber-AC ternyata bisa mengalami gangguan saluran pernafasan, khususnya masalah pada organ paru-paru dan bahkan penyakit pneumonia. Bayi yang terlalu sering tidur di kamar berAC bisa mengalami demam, batuk, dan juga sesak nafas yang jika dibiarkan maka akan berpotensi menjadi pneumonia. Pneumonia ini sendiri disebabkan karena udara di dalam kamar yang berAC cenderung tidak sehat karena sirkulasi udara tidak benar-benar baik sehingga banyak kotoran yang akhirnya hanya berputar-putar di dalam kamar dan dihirup oleh bayi sepanjang malam. Selain masalah pneumonia, bayi yang tidur di kamar berAC ternyata juga beresiko terkena masalah kesehatan layaknya asma dan hipotermia pada bayi.

Baca Juga:  Obesitas, Penyebab Obesitas

Andaipun suhu udara di kamar anda terlalu panas dan anda membutuhkan AC untuk mendinginkan suhu ruangan, ada baiknya anda tidak menutup kamar tidur rapat-rapat atau biarkan pintu kamar terbuka sehingga udara pun akan mudah bersirkulasi. Usahakan suhu AC juga tidak terlalu dingin bagi bayi sehingga bayi pun akan nyaman namun juga aman dari berbagai gangguan masalah kesehatan.