Dampak Buruk Merokok Bagi Wanita

DokterSehat.Com – Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang uniknya cenderung identik dengan kebiasaan kaum laki-laki. Padahal, dalam realitanya, ada banyak wanita yang juga ikut merokok meskipun memang jumlahnya masih cenderung sedikit. Baik pria maupun wanita akan mendapatkan dampak kesehatan yang buruk jika terbiasa merokok, apalagi dalam level yang cukup berat. Bagi kaum hawa sendiri, terdapat banyak sekali dampak negatif dari merokok seperti sebagai berikut.

shutterstock_216024766 copy

Hal pertama yang bisa didapatkan oleh kaum hawa yang merokok adalah kemungkinan giginya akan menjadi tidak sehat. Kandungan nikotin dari rokok akan membuat gigi menjadi lebih bernoda, kekuningan, bahkan mengalami kerusakan dengan warna yang kehitaman dan keropos. Dalam beberapa kasus, gigi bahkan bisa tanggal dan pada akhirnya menyebabkan masalah pada gusi dan bahkan beresiko menjadi kanker mulut. Wanita pun tidak akan lagi mampu memberikan senyuman terbaik jika gigi dan mulutnya tidak sehat karena rokok.

Selain pada masalah gigi dan mulut, kaum wanita yang merokok juga terancam kehilangan aura kecantikannya. Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan beracun rokok akan sangat efektif membuat penuaan dini muncul lebih cepat. Sebagai contoh, kulit yang semakin kusam dan banyaknya keriput akan muncul pada wajah wanita. Pakar kesehatan menyebutkan jika rata-rata wanita yang merokok akan terlihat jauh lebih tua 1,4 tahun jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Kandungan nikotin rokok akan membuat peredaran darah ke ke kulit terhambat sehingga kulit pun tidak lagi cerah, sehat, dan kenyal. Kandungan karbon monoksida dari asap rokok juga diyakini akan memenuhi darah dan pada akhirnya membuat kulit menjadi lebih kering dan kehilangan warna dan cahaya alaminya. Dalam beberapa kasus, banyak wanita perokok yang juga akan mendapatkan kantong mata yang sangat besar sehingga wajahnya pun akan terus terlihat lelah.

Baca Juga:  Penggunaan Gadget Bisa Memicu Beberapa Penyakit Berikut

Kandungan rokok juga diyakini bisa membuat rambut wanita semakin menipis. Radikal bebas dari rokok akan membuat DNA folikel rambut akan rusak sehingga kerontokan pun akan mudah terjadi. Dalam beberapa kasus, wanita juga akan lebih mudah beruban jika merokok. Dengan adanya fakta-fakta ini, memang sebaiknya kaum wanita menghindari asap rokok, bukan?