Dampak Buruk Merokok Bagi Kaum Wanita: Lebih Beresiko Mengalami Pendarahan Otak

DokterSehat.Com – Tak hanya kaum pria, kini kaum wanita juga sudah banyak yang tertarik untuk merokok. Alasan utama mereka merokok adalah agar bisa melepaskan rasa lelah atau stress. Sayangnya, sebagaimana dampak kesehatan yang bisa didapatkan oleh kaum pria, merokok juga bisa memberikan berbagai macam kerugian bagi tubuh wanita. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta yang mengerikan dimana para perokok wanita ternyata memiliki resiko lebih besar mengalami pendarahan otak jika dibandingkan dengan perokok pria atau mereka yang tidak merokok. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Fakta mengerikan ini dikeluarkan oleh American Heart Association dimana pendarahan pada otak atau dalam dunia medis disebut sebagai suabrachnoid bisa terjadi pada permukaan otak atau bahkan jaringan di bawahnya. Jika hal ini terjadi, maka penderitanya akan bisa mengalami kejang-kejang, koma, dan pada akhirnya meregang nyawa. Kaum wanita yang merokok, baik itu yang masih dalam level rendah atau bahkan yang sudah dalam level pecandu memiliki resiko yang sangat besar mengalami hal ini, meskipun memang perokok berat memiliki resiko yang jauh lebih besar.

Dari penelitian yang melibatkan 65.521 orang dewasa dalam rentang tahun 1972 hingga 2011 ini, diketahui jika wanita yang mampu merokok 21 hingga 30 batang per hari bisa meningkatkan resiko terkena pendarahan otak 8 kali lebih besar. Meskipun pria perokok berat juga beresiko mengalami kondisi kesehatan yang mengerikan ini, namun, peningkatan resikonya hanyalah 3 kali lebih besar dari mereka yang tidak merokok. Selain pendarahan pada otak, diketahui bahwa peningkatan kolesterol dan tekanan darah juga bisa terjadi bagi mereka yang suka merokok.

Pakar kesehatan dr. Joni Lindbohm dari University of Helsinki, Finlandia, menyebutkan jika tidak ada yang baik sama sekali dari merokok meskipun kita sudah mengurangi porsi merokok harian, sehingga untuk menghindari resiko terkena pendarahan pada otak ini, mau tidak mau memang kita harus segera berhenti merokok.