Dampak Buruk Menahan Kentuk Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Kentut! Bagi sebagian orang, melakukan hal tersebut terutama di depan khalayak ramai merupakan sesuatu yang tabu dan harus dihindari. Namun, bagi sebagian lainnya, hal tersebut bisa dianggap sebuah kewajaran.



Lalu kenapa kita melakukan hal tersebut? Semua orang melakukan hal itu. Buang gas atau kentut mungkin sebuah hal yang memalukan, tapi itu dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena kentut merupakan salah satu fungsi tubuh yang paling umum sepanjang masa.

Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak dalam perut yang berasal dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya adalah udara yang ikut tertelan saat mengunyah makanan atau pada saat kita minum. Gas disebabkan oleh udara yang merembes dari darah ke usus, gas dihasilkan oleh reaksi kimia dalam usus atau bakteri yang hidup dalam usus kita.

Berikut dampak buruk bila sering menahan kentut :

  • Menjadikan kram pada perut
    Apabila terjadi kelebihan gas yang diakibatkan oleh seringnya anda menahan kentut, makan hal demikian akan menjadikan perut mengalami gangguan kram. Yang mana hal tersebut terjadi karena  gas yang terdapat pada salah satu bagian usus akan tertumpuk, dan bisa menjadikan kelebihan gas pada bagian usus tersebut.
  • Wasir
    Akibat menahan kentut juga menjadikan anda terkena wasir. Yang mana terjadinya gerakan yang sangat berlebihan pada organ dubur disaat sedang menahan kentut tersebut. Sehingga gerakan yang terlalu berlebihan tersebut bisa membuat beberapa otot pada dubur tegang, yang menjadikan pembuluh darah bisa semakin melebar. Oleh karena itu, menahan kentut memang tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.
  • Perut kembung
    Penumpukan gas terlalu berlebihan yang terdapat pada sistem pencernaan, akan menjadikan perut kembung. Yang mana karena seringnya menahan kentut disaat gas alami tersebut hendak mau keluar dari tubuh anda. Sehingga hal demikian bisa menjadikan anda merasa tidak nyaman, karena saluran pencernaan anda mengalami gangguan seperti pada usus dan lambung.
  • Peritonitis
    Ini merupakan penyakit peradangan peritoneum, yaitu gangguan pada jaringan pelapis dinding bagaian dalam perut, yang semuanya itu mencakup sebagai besar dari perut itu sendiri. Mengalami gangguan semacam ini, diakibatkan karena infeksi dari bakteri maupun jamur. Selain itu, hal demikian bisa juga diakibatkan oleh adanya luka atau tumpahan limbah yang berasal dari usus. Yang mana salah satu penyebabnya juga berasal dari seringnya menahan kentut. Dalam kondisi yang seperti ini akan membutuhkan pertolongan medis yang cukup serius.
  • Keracunan gas
    Perlu anda ketahui, bahwa kentut itu sendiri sebenarnya bukanlah racun. Namun bila anda sering menahan kentut, maka hal demikian akan menyebabkan tekanan parsial yang terjadi pada rongga usus. Masalah tersebut disertai dengan adanya intensitas lebih tinggi dari pada pembuluh darah yang terdapat pada dinding usus anda, yang pada akhirnya akan bisa beredar ke seluruh tubuh. Dan hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang mana menjadikan tubuh keracunan gas.
  • Memperparah kondisi sembelit
    Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, seringnya seseorang menahan kentut bisa mengakibatkan peningkatan tekanan dalam usus besar. Yang mana akan bisa  memicu terjadinya Divertikular ( kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar ), yang semuanya itu akan memperparah gangguan sembelit. Oleh karena itu, menahan kentut ini sangat tidak baik dan mengganggu kesehatan pada tubuh anda.
  • Cepirit
    Pada saat menahan kentut yang terlalu lama, akan menjadikan gas kentut menjadi akumulasi hidrogen sulfida dalam usus pada tubuh. Yang semuanya itu akan menjadikan sulfur menumpuk yang bisa menimbulkan cepirit atau keluarnya sedikit ampas tinja. Kejadian ini kerap dialami oleh kebanyakan orang yang mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, bila anda ingin mengeluarkan gas kentut, maka janganlah sering menahannya, dan keluarkanlah bila gas kentut tersebut ingin keluar dari tubuh anda.