Dampak Buruk Meminum Soda Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Minuman bersoda sering kali dianggap sebagai minuman yang sangat cocok untuk mengimbangi hawa panas di siang nan terik. Minuman bersoda yang dicampur dengan es tentu akan sangat segar dan membuat anda melupakan peluh dan keringat yang diakibatkan hawa menyengat di tengah hari. Sayangnya, dibalik kesegaran dari konsumsi minuman bersoda, terdapat banyak sekali efek samping yang kurang baik bagi kesehatan, khususnya jika anda mengkonsumsi minuman bersoda dalam jangka waktu yang sangat lama. Berikut adalah yang terjadi pada tubuh kita jika kita mengkonsumsi minuman bersoda.

doktersehat-soda-kaleng-kanker

  • Kerusakan Hati, Kehilangan Memori, dan Tulang Keropos
    Minuman bersoda kaya akan berbagai zat kimia. Hal ini bukan rahasia lagi karena anda bahkan bisa mengeceknya pada bahan pembuatan minuman bersoda di kaleng atau botolnya. Bahan kimia ini bisa memicu kerusakan hati jika sering sekali dikonsumsi dan bahkan ada kasus dimana orang yang hobi meminum minuman bersoda justru mengalami kehilangan memori secara bertahap. Selain itu, minuman bersoda juga cenderung banyak mengandung asam fosfor yang tentu bisa mempengaruhi kesehatan tulang di dalam tubuh. Fosfor bisa membuat jaringan tulang menjadi keropos dan rusak. Banyak kasus dimana orang yang hobi meminum minuman bersoda akan mengalami perapuhan tulang. Bahkan, anak-anak yang hobi meminum minuman bersoda berpotensi mengalami pertumbuhan tulang yang tidak ideal.
  • Diabetes dan Obesitas
    Bahaya terbesar dari minuman bersoda adalah kandungan gulanya yang sangat tinggi. Beberapa penelitian kesehatan bahkan menjelaskan bahwa penyebab minuman bersoda bisa memicu adanya penyakit diabetes, masalah obesitas, dan berbagai penyakit lainnya. Dalam satu buah botol minuman bersoda, maka kita sudah mengkonsumsi kadar gula yang sama dengan 10 sendok makan gula! Hal itu tentu sangatlah berlebihan dari yang dibutuhkan tubuh. Mereka yang hobi meminum minuman bersoda memang cenderung mudah mengalami obesitas dan diabetes.

Meskipun menyegarkan, anda tentu harus mencoba untuk menghilangkan kecanduan minuman bersoda dan kembali mengkonsumsi air putih yang menyehatkan. Air putih dengan es atau air putih yang dingin tentu sudah cukup segar untuk melawan hawa panas di siang nan terik. Di samping itu, air putih dengan jumlah yang cukup dalam sehari juga bisa membuat organ tubuh menjadi semakin sehat.