Dampak Buruk Memakai Bra Saat Tidur Pada Kesehatan

DokterSehat.Com – Sudah banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan kaum hawa untuk melepas bra-nya waktu tidur. Bra yang dipakai oleh wanita cenderung akan memberikan tekanan yang cukup kuat baik untuk payudara itu sendiri maupun untuk bahu dan bagian dada. Dengan melepas bra, wanita akan memberikan waktu bagi bahu, payudara, dan dada untuk beristirahat dan terbebas dari tekanan. Hanya saja, banyak wanita yang sudah terlalu lelah sehingga langsung tidur tanpa sempat melepas branya. Apa yang terjadi jika wanita tidur dengan memakai bra?

doktersehat-tidur-siang-sehat-kreatif-kantor-kerja

Selain memberikan kesempatan istirahat pada beberapa bagian tubuh, melepas bra dan memakai pakaian yang cenderung longgar ternyata juga bisa memperlancar proses perbaikan dan detoksifikasi atau penetralan racun yang ada pada tubuh. Hal ini berarti jika wanita melepas bra saat tidur, Ia akan memberikan kesempatan sistem kekebalan tubuhnya untuk menjadi lebih baik. Sebaliknya, jika bra tetap dipakai, tubuh pun tidak akan benar-benar rileks saat tidur sehingga proses detoksifikasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Banyak wanita yang melaporkan jika tidurnya mengalami kegelisahan jika tetap memakai bra di waktu tidur. Bra didesain sedemikian rupa untuk menopang payudara sehingga lebih membentuk sehingga cenderung memberikan tekanan yang kencang pada tubuh. Jika kita tetap memakainya, maka tubuh pun tetap tertekan dan membuat tidur menjadi gelisah dan tidak nyenyak. Beberapa wanita bahkan bisa mengalami insomnia karena tubuh yang kurang rileks dan pernafasan yang kurang bebas karena memakai bra.

Bra yang dipakai saat tidur ternyata bisa membuat keringat yang dilepas kulit tertahan pada bra. Kondisi ini ternyata bisa memicu gatal-gatal pada payudara dan bahkan bisa menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, bra yang tetap dipakai wanita di kala tidur ternyata juga membuat wanita memiliki resiko yang jauh lebih tinggi untuk mendapatkan kanker payudara. Untuk menekan resiko ini, wanita sebaiknya memang hanya memakai bra kurang dari 12 jam setiap harinya.

Baca Juga:  Keputihan Karena Infeksi Trichomonas

Selelah apapun anda, bebaskan payudara dan area bahu anda dari bra yang kencang tersebut. Selain memberikan waktu bagi tubuh untuk lebih rileks, melepas bra juga bisa payudara lebih sehat. Saat tidur, aliran getah bening yang akan mendetoksifikasi racun-racun pada payudara akan bekerja dengan lebih baik jika tidak ada tekanan yang menghambatnya sehingga payudara pun tetap dalam kondisi yang sehat.