Dampak Buruk Melewatkan Sarapan

Doktersehat.com – Terburu-buru atau sibuk kerap menjadi alasan Anda melewati waktu sarapan. Padahal, sarapan sangat diperlukan tubuh untuk tetap bertahan waktu makan siang tiba.



Melewatkan waktu sarapan tak hanya membuat tubuh Anda lemas, namun juga bisa mengancam kesehatan Anda, sebagaimana yang dilansir dalam Livestrong berikut ini:

1. Kegemukan

Ahli diet Mayo Clinic menjelaskan bahwa pada dasarnya sarapan membantu mengontrol rasa lapar yang berlebihan sepanjang hari. Pada saat tidur tentunya perut akan kosong semalaman, bila Anda melewati waktu sarapan berarti perut tidak terisi makanan lebih lama lagi. Akibatnya, produksi insulin dan keseimbangan gula darah dapat terganggu.

2. Menstruasi tidak teratur

Berdasarkan survei yang dilaporkan dalam jurnal ‘Appetite’, menyebutkan bahwa faktor keterlambatan masuk kelas menjadi alasan banyak mahasiswa yang melewatkan sarapan. Dari survei tersebut diketahui mahasiswi yang tidak sarapan dengan rutin mengalami ketidakteraturan menstruasi. Disfungsi ini termasuk keparahan menstruasi yang menyakitkan dan darah menstruasi yang tidak teratur.

3. Menurunnya kemampuan kognisi

Berdasarkan laporan Centers for Disease Control diketahui anak-anak sekolah yang tidak sarapan mengalami penurunan kemampuan untuk memecahkan masalah di usia sekolah. Sementara siswa yang rutin sarapan memiliki nilai tinggi dalam skor tes standar, lebih tepat waktu masuk sekolah, dan jarang absen.

4. Suasana hati buruk

Berdasarkan sebuah survei diketahui 26 persen orang suasana hatinya baik karena memiliki pola makan yang baik seperti rutin sarapan. Perubahan suasana hati yang melibatkan iritabilitas sering terjadi karena gula darah rendah yang merupakan efek samping dari tidak makan berkepanjangan atau puasa.

Sumber: detik.com