Dampak Buruk Makanan Yang Terlalu Asin

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu memiliki selera makan yang berbeda-beda. Ada orang yang sangat menyukai makanan pedas dan merasa jika makanan yang kurang pedas akan sangat tidak mantap untuk dicerna. Beberapa orang akan menyukai makanan yang cenderung manis dan nyaman untuk dikonsumsi. Namun, jangan pernah lupakan bahwa ada orang yang cenderung menyukai rasa yang asin-asin. Makanan asin sendiri kerap kali dianggap sebagai penyebab masalah tekanan darah tinggi dan resiko mendapatkan masalah pada organ kardiovaskular karena tingginya kadar garam. Tahukah anda, makanan yang terlalu asin atau makanan asin yang dikonsumsi berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk lain bagi kesehatan?

3799011105_a2ff30b567_b

Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang melakukan diet tinggi garam, maka resiko terkena masalah osteoporosis atau batu ginjal akan meningkat dengan signifikan. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Alberta menunjukkan adanya fakta dimana natrium yang menyebabkan makanan terasa asin berkaitan langsung dengan kadar kalsium dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi makanan asin terlalu banyak, maka asupan sodium atau natrium yang didapat sangatlah tinggi dan membuat kadar kalsium dalam tubuh justru semakin menurun dan terbuang bersama dengan urin. Hal ini berarti kita bisa mendapatkan masalah berupa semakin tergerusnya kadar kalsium dalam darah yang pada akhirnya bisa memicu masalah batu ginjal atau osteoporosis.

Pakar kesehatan menyebutkan jika makanan yang terasa asin akan membuat kadar kalsium dalam tubuh bisa semakin menurun karena terbuang dalam jumlah yang sangat banyak pada urin. Hal ini terjadi karena baik kalsium maupun natrium ternyata dikelola oleh sebuah molekul yang sama dan untuk membuat kedua kadar tersebut seimbang, maka jika salah satu kadar meningkat, maka kadar lainnya, dalam hal ini kalsium, akan terbuang.

Baca Juga:  Pantangan Ketika Kurang Tidur

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kini kita mulai mengatur pola makan yang jauh lebih sehat dengan mengurangi asupan makanan yang asin-asin. Sesekali mengkonsumsi makanan yang cenderung asin akan cukup baik dalam tubuh. Namun, harap diingat bahwa jika kita mengkonsumsi makanan asin terlalu sering, maka tubuh pun akan mendapatkan resiko cukup tinggi terkena masalah kekurangan kadar kalsium dalam tubuh.