Dampak Buruk Kurangnya Waktu Tidur

DokterSehat.Com – Tidur adalah waktu dimana tubuh akan beristirahat dan melakukan “pengisian ulang baterai” pada tubuh kita. Dengan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, kita akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktifitas keesokan harinya. Selain itu, banyak racun yang dinetralisir selama kita melakukan tidur. Hal ini berarti jika kita kekurangan waktu tidur, tubuh akan memberikan tanda-tanda yang biasanya bisa berlanjut sebagai gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa tanda jika kita kurang tidur.

doktersehat-mata-kerja

Jika kita kurang tidur, tubuh biasanya akan kurang segar dan menuntut waktu tidur selain di malam hari. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kita mudah mengantuk di siang hari saat kita seharusnya bekerja dengan fokus. Selain rasa kantuk yang mendera, tubuh pun cenderung akan merasa lebih mudah lelah sehingga banyak pekerjaan yang pada akhirnya terbengkalai dan tidak selesai. Selain itu, otak juga akan kesulitan untuk fokus pada penyelesaian pekerjaan. Bahkan, otak pun akan mengalami kesulitan jika harus membaca sebuah permasalahan dengan jelas atau membuat keputusan yang penting. Berbagai masalah ini pada akhirnya akan membuat produktivitas kerja jauh menurun.

Orang yang kurang tidur juga biasanya akan mengalami penurunan tampilan fisik. Wajah yang cenderung kelelahan dan kusam akan sangat terlihat, apalagi jika area mata sudah mengalami pembengkakan dan adanya lingkaran gelap. Selain itu, berat badan juga cenderung akan bertambah karena kita akan cenderung lebih sering merasakan lapar. Dengan rasa lapar yang berlebihan, maka kita pun akan cenderung banyak memakan camilan yang tentu akan menambah berat badan dan meningkatkan resiko diabetes.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan mood menjadi sangat buruk dan tidak stabil. Rasa lelah yang ditambah dengan depresi akan membuat kita menjadi mudah tersinggung dan stress. Selain menurunkan mood, libido seseorang juga cenderung akan jauh menyusut jika tubuh mengalami kelelahan dan kurang tidur. Usahakan agar tidur kita cukup setiap hari, yakni lebih dari 6 jam. Selain waktu tidur, jangan paksakan anda untuk melakukan kerja tambahan yang tentu saja berarti anda mengurangi waktu istirahat. Dengan istirahat yang cukup, tubuh pun selalu sehat dan bugar setiap saat.