Dampak Buruk Kesehatan Jika Kita Tidur Larut Malam

DokterSehat.Com – Selain karena masalah insomnia, banyak orang yang memang memiliki kebiasaan buruk tidur hingga larut malam. Selain karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan, banyak orang yang memilih tidur sangat larut karena hobi bermain game atau bahkan sekadar melihat acara televisi. Kebiasaan ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak buruk yang paling terkenal bagi mereka yang tidur sangat larut adalah resiko terkena serangan jantung yang sangat tinggi. Selain itu, ada beberapa dampak kesehatan lain yang juga tidak boleh kita sepelekan layaknya sebagai berikut.

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Jika kita sering sekali tidur sangat larut atau bahkan menjelang pagi, maka sistem imunitas tubuh pun bisa menjadi lebih lemah. Kebiasaan terjaga di tengah malam ternyata akan membuat sel-sel darah putih mengalami kerusakan. Padahal, sel darah putih adalah salah satu garda terdepan dari sistem kekebalan tubuh melawan berbagai macam penyakit. Selain itu, mereka yang tidur sangat larut juga cenderung akan mengalami pertambahan berat badan dengan signifikan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang hanya beristirahat kurang dari waktu enam jam dalam semalam ternyata bisa memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan. Padahal, banyak orang yang begadang dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tentu saja akan membuat berat badan semakin mudah naik.

Jika anda mengalami kurang tidur, anda tentu sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur, bukan? Hal yang sama akan didapatkan mereka yang tidur di larut malam. Otak akan merasa kurang seimbang karena kurangnya waktu tidur yang didapatkan. Sistem saraf akan mengalami banyak kerusakan dan kepala pun akan lebih sering mengalami rasa sakit. Kurangnya waktu tidur juga berpengaruh pada semakin melemahnya sistem refleks manusia mengingat menurunnya fungsi sistem saraf pusat.

Baca Juga:  Leher Pegal-Pegal? Cobalah Gunakan Es Batu Untuk Mengatasinya

Mereka yang kekurangan waktu tidur setiap harinya juga cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi sehingga membuat tubuh beresiko terkena penyakit berbahaya termasuk penyakit jantung. Untuk menghindari berbagai dampak buruk kesehatan ini, pakar kesehatan berpendapat bahwa kita harus mampu menata kegiatan harian kita sehingga kita bisa beranjak tidur saat malam menjelang dan mendapatkan waktu ideal untuk tidur, yakni sekitar 6 hingga 8 jam per hari.