Dampak Buruk Kekurangan Asupan Vitamin B12

DokterSehat.Com – Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya vitamin ini, kita akan menjaga pembentukan sel di dalam tubuh menjadi energi tetap terjaga dengan baik. Vitamin B12 juga memiliki peran besar dalam mengendalikan sistem saraf dan kinerja otak tetap dalam kondisi yang baik. Adapun vitamin ini bisa kita dapatkan melalui susu dan daging-dagingan sehingga jika kita kekurangan asupan makanan tersebut, dikhawatirkan kita akan kekurangan asupan vitamin B12 dan menimbulkan gejala-gejala kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Anemia adalah hal pertama yang mungkin terjadi jika kita kekurangan asupan vitamin B12. Vitamin B12 sendiri berpengaruh besar dalam multiplikasi sel dalam tubuh sehingga mempengaruhi jumlah sel darah merah dalam tubuh yang semakin menurun. Selain itu, kekurangan asupan vitamin B12 juga berpengaruh pada tubuh yang semakin lemah dan lesu mengingat vitamin ini mampu menyerap asam folat yang ikut terlibat dalam pelepasan energi. Jika kita kekurangan vitamin B12, kita akan terasa lemas dan bahkan andai kita hanya berdiri atau berjalan kaki.

Kekurangan vitamin B12 juga akan memicu kita terkena masalah kognitif layaknya semakin mudah untuk lupa akan beberapa hal kecil. Bahkan, dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin B12 akan memicu pikun pada mereka yang sudah lanjut usia. Kekurangan asupan vitamin B12 juga akan beresiko tinggi akan terkena depresi, demensia, hingga paranoia.

Jika kita kekurangan asupan vitamian B12, kita juga akan mengalami kesemutan pada tangan hingga kaki, selain itu, kita juga akan mudah mengalami kebas atau mati rasa. Selain itu, kulit juga akan mudah terlihat lebih pucat dan otot-otot akan lebih mudah mengalami lemah, memar, hingga pendarahan. Dalam beberapa kasus, kekurangan asupan vitamin B12 juga bisa menyebabkan denyut jantung semakin lebih cepat dan lidah kita akan mudah terasa sakit atau bahkan terkena sariawan.