Dampak Bahaya Terlalu Lama Sendirian

DokterSehat.Com – Sebagai manusia, Anda pasti sudah tahu konsep manusia dalam ilmu sosial, kan? Yaitu manusia adalah makhluk sosial. Hal ini menunjukkan bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian dan akan selalu membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Hal ini ada benarnya, karena ketika Anda terlalu lama berada di suatu tempat hanya dengan diri Anda sendiri, akan tidak baik untuk kesehatan mental Anda.

6

Bahkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Psychological Science, dilansir oleh cantik-tubuh.blogspot.com, menemukan bahwa orang-orang yang cukup lama menghabiskan waktu sendirian, kesepian atau tidak bersosialisasi, akan merasa melihat wajah boneka sebagai
wajah manusia. Lebih jauh lagi, orang-orang yang kesepian ternyata memiliki lebih banyak masalah kesehatan fisik dan mental daripada mereka yang terhubung dengan orang lain setiap harinya.

Berikut dampak bahaya terlalu lama sendirian :

  • Cendrung malas mengatasi diri sendiri
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung bisa meningkat jika Anda hidup sendirian dalam usia paruh baya, dan risiko akan meningkat jika Anda tidak pernah menjalin interaksi dengan orang di sekitar Anda hingga Anda merasa kesepian sendiri. Hal ini dikarenakan Anda tidak memiliki teman untuk berbagi dan mendapat dukungan sosial dari sekitar Anda.
  • Sering merasa sedih dan stres
    Bahkan menurut penelitian dari University of Chicago, semakin sering Anda merasa kesepian, semakin besar kemungkinan Anda mengalami rasa sedih dan berujung depresi. Saat Anda kesepian, hormon otak yang berhubungan dengan stres seperti kortisol menjadi aktif, yang dapat menyebabkan depresi. Yang mengejutkan, ternyata interaksi dengan banyak orang ternyata bisa lebih efektif mengurangi gejala depresi daripada obat antidepresan.
  • Memiliki kekebalan tubuh yang lemah
    Lucunya, meskipun Anda makan banyak makanan bernutrisi dan vitamin C, namun jika Anda tidak mengimbanginya dengan bersosialisasi dengan orang di sekitar Anda, Anda mungkin sekali memiliki sistem imun yang lemah. Ini karena tubuh tidak mengeluarkan hormon endorfin atau dopamin sehingga Anda tidak bahagia. Hal inilah yang melemahkan tubuh Anda dari serangan penyakit.
Baca Juga:  Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak

Jadi, jangan menyendiri saja, karena kesepian bisa memberikan dampak lebih buruk untuk kesehatan fisik dan mental Anda.