Dalang Legendaris Ki Enthus Meninggal Karena Serangan Jantung

doktersehat_ki_enthus
Photo Source: Kemlagi.desa.id

DokterSehat.Com– Kabar duka datang dari dunia seni tradisional Tanah Air. Dalang wayang kondang yang merupakan Bupati Tegal, Ki Enthus Soesmono, dikabarkan meninggal pada 14 Mei 2018. Kabar duka ini disampaikan oleh Pejabat Sementara Bupati Tegal Sinung Rachmadi yang menyebut Ki Enthus berpulang pukul 19.10 WIB.

Dilansir dari CNN, Ki Enthus direncanakan akan dimakamkan Selasa siang, 15 Mei 2018. Namun, kepastian kapan dan dimana Ki Enthus akan dimakamkan masih menunggu pihak keluarga.

Ki Enthus meninggal di usia yang belum terlalu tua, yakni 52 tahun. Beliau meninggal di Rumah Sakit Soeselo. Sosok yang dikenal sebagai dalang yang melestarikan budaya wayang kulit di Indonesia ini dilantik sebagai Bupati Tegal untuk periode 2014-2019. Ayah dan kakek Ki Enthus juga dikenal sebagai dalang kondang.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PKB Maman Imanul Haq menyebutkan bahwa Ki Enthus meninggal karena mengalami serangan jantung.

“Informasi tentang penyebab kematian Ki Enthus memang benar. Tadi saya sudah berkomunikasi dengan Plt. Bupati Tegal terkait dengan hal ini. Beliau membenarkan penyebabnya adalah serangan jantung,” ucap Maman.

Kabar lain menyebutkan bahwa Ki Enthus sempat jatuh pingsan karena kelelahan sehari sebelum menghembuskan nafasnya yang terakhir. Sebagai informasi, pria berjulukan Dalang Edan ini sedang maju kembali dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tegal untuk periode kedua.

Serangan jantung memang termasuk dalam penyakit mematikan yang bisa menyerang tiba-tiba. Pemicu dari penyakit mematikan ini juga bermacam-macam, baik itu berupa tubuh yang mengalami kelelahan hingga terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini, mau tidak mau kita harus menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam hal menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, rajin berolahraga, tidur cukup, tidak merokok, dan mampu mengendalikan stress dengan baik.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik