Inilah Dampak Terlalu Sering Makan Daging Ayam Setengah Matang

daging_ayam_formalin_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/tomas_sobek

DokterSehat.Com– Tubuh membutuhkan protein yang bisa diperoleh dari makanan, salah satunya adalah daging ayam. Sampai saat ini, daging ayam adalah salah satu primadona bagi dunia kuliner di Indonesia. Sebab, daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam olahan dengan rasa yang cukup lezat. Maka tak heran jika banyak orang yang gemar mengonsumsi daging ayam.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih salah mengolah daging ayam sehingga menyebabkan daging ayam tidak matang dengan sempurna dan masih terdapat bercak darah di dalamnya. Mungkin Anda juga pernah mengalami hal tersebut, tapi Anda tetap tidak peduli dan terus memakannya sampai habis.

Padahal, mengonsumsi daging ayam yang masih mentah dan terdapat bercak darah di dalamnya sangatlah berbahaya karena bisa berpotensi menyebabkan keracunan makanan. Hal tersebut dikarenakan adanya mikroorganisme dalam daging mentah yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk itu, berikut adalah 4 penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh jika Anda mengonsumsi daging ayam belum matang sepenuhnya.

1. Demam Tifoid

Penyakit pertama yang bisa menyerang tubuh Anda akibat mengonsumsi daging ayam mentah adalah demam tifod. penyakit ini disebabkan oleh salmonella yang ada di dalam daging ayam mentah. Jika bakteri ini masuk ke dalam tubuh, maka akan menyebabkan infeksi usus. Selain itu, juga bisa menyebabkan keracunan makanan dan juga demam tifoid yang menimbulkan gejala seperti sakit perut, demam, ruam berwarna merah, lemah, dan sakit kepala.

2. Artritis Reaktif

Selanjutnya adalah penyakit arthritis reaktif yang disebabkan oleh infeksi bakteri campylobacter. Bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit berupa radang, seperti radang sendi, radang sistem saluran kencing, radang mata, dan radang organ reproduksi. Gejala yang ditimbulkan biasanya terjadi setelah 18 hari terinfeksi bakteri campylobacter pada daging ayam mentah maupun setengah matang.

3. Bakteremia

Bakteremia merupakan kondisi dimana bakteri pada daging ayam mentah menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengonsumsi daging ayam mentah, maka bakteri akan memasuki aliran darah. Terlebih lagi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, serta mengonsumsi obat asam lambung, kemungkinan besar Anda akan terserang bakteremia.