Daftar Manfaat Sehat Kapsul Minyak Ikan

DokterSehat.Com – Meskipun baunya amis, manfaat minyak ikan bagi kesehatan manusia sangat besar. Selain vitamin A dan D, asam lemak tidak jenuh ganda yang dikandungnya meningkatkan kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh anak balita. Bagi orang dewasa, mengonsumsi lemak ikan juga dapat menangkal kanker, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.



Dibandingkan lemak hewani lainnya, lemak ikan (lebih dikenal dengan istilah minyak ikan) sangat sedikit mengandung kolesterol. Hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan karena kolesterol yang berlebih dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan perlunya gizi yang baik untuk menunjang kesehatan telah mendorong meningkatnya konsumsi minyak ikan di dunia.

Berikut ini manfaat sehat yang bisa didapat dengan konsumsi minyak ikan :

  1. Menurunkan kadar trigliserida
    Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah, dan jika jumlah trigliserida lebih tinggi dari jumlah standar, maka Anda bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik seperti diabetes dan penyakit jantung. Cukup konsumsi satu butir kapsul minyak ikan dapat menurunkan sebanyak 50% trigliserida dalam tubuh.
  1. Mengurangi tekanan darah tinggi
    Asam lemak omega-3 terdiri dari Asam Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA), yang dikenal memainkan peran penting dalam melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar. Asam lemak omega-3 juga memiliki anti-koagulan dan anti-inflamasi yang menjaga pembuluh darah normal.
  1. Mencegah penyakit jantung
    Karena minyak ikan dapat menurunkan trigliserida dan tekanan darah tinggi, secara otomatis juga mencegah terjadinya penyakit jantung atau penyakit kardiovaskuler lainnya seperti stroke dan aterosklerosis.
  1. Menjaga kesehatan tulang
    Minyak ikan juga mampu mencegah osteoporosis karena kandungannya yang tinggi akan asam lemak omega-3 yang dapat memperkuat kepadatan tulang. Orang dengan rheumatoid arthritis bisa mengonsumsi minyak ikan secara rutin untuk memperbaiki kesehatan tulang dan sendi.
  1. Mengurangi risiko kanker
    Minyak ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3, mampu merangsang pertumbuhan sel-sel normal dan sehat dalam tubuh dan mencegah mutasi sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal seperti tumor dan kanker.
Baca Juga:  Enam Hal Yang Harus Dihindari Untuk Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Bahkan minyak ikan juga dapat mencegah diabetes tipe 2, mencegah masalah kehamilan seperti kelahiran cacat pada bayi dan juga dapat mempercantik kulit. Jadi, meskipun Anda tidak bisa makan ikan, Anda tetap bisa sehat dengan konsumsi kapsul minyak ikan, Ladies.