Daftar Makanan Penting Pencegah Kolesterol

DokterSehat.Com – Anggapan negatif tentang kolesterol, selamanya tidak benar. Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh (lipid) yang sangat penting untuk aktivitas membran sel, membuat hormon, vitamin dan asam empedu. Kolesterol juga membantu dalam transmisi impuls saraf.

15

Tingkat kolesterol dalam darah tergantung pada apa yang Anda makan dan bagaimana tubuh membuat kolesterol di dalam hati. Memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah bukanlah penyakit, tetapi dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) dalam sistem kardiovaskuler.

Ada dua macam kolesterol: yang buruk disebut low-density lipoprotein(LDL) dan yang baik disebut high-density lipoprotein (HDL). LDL dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung dan penyakit kardiovaskuler lainnya. HDL menghilangkan kelebihan LDL dalam darah Anda dan membawanya ke hati untuk pembuangan.

Kolesterol darah normal adalah kurang dari 5 mmol/l. Jika antara 5 dan 6,5 mmol/l, Anda dapat menguranginya dengan diet. Jika lebih tinggi dari 6,5 mmol/l  Anda  harus meminum obat, selain menyesuaikan diet Anda.

Berikut ini sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah :

  1. Ikan
    Konsumsi ikan setiap hari berdampak baik pada jantung, sendi dan daya ingat. Para ahli mengatakan kandungan Omega 4 pada ikan bekerja ampuh untuk itu. Selain mencegah berbagai macam penyakit, ikan juga menurunkan tingkat depresi.

    Ikan juga  mengandung omega 3 yang membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga pembuluh darah, serta mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah. Salmon, sarden dan tuna kaya asam lemak omega 3, ikan bisa menjadi pilihan terbaik pengganti daging sapi atau ayam dalam menu harian.

    Jika Anda seorang vegetarian, maka memasukkan  biji rami, dan kenari yang kaya akan Omega 3 dalam menu harian anda . Makanan super ini tinggi akan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol.

  1. Kedelai
    Sebuah penelitian medis  menunjukkan bahwa memasukkan kedelai ke dalam menu diet harian, sangat  membantu menurunkan kadar kolesterol jahat . Anda dapat memilih kedelai utuh atau olahan seperti tempe, tahu, tofu, susu, atau yang lainnya.
  1. Teh hijau
    Kekuatan antioksidan pada teh hijau ataupun teh hitam terbukti mampu mencegah berbagai penyakit. Termasuk menurunkan kolesterol. Penelitian di Jepang baru-baru ini menemukan bahwa pria yang meminum teh hijau secara teratur memiliki kolesterol yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.
  1. Cokelat hitam
    Cokelat Hitam dengan kandungan kakao tinggi diatas 60 persen juga ampuh menurunkan kolesterol. Semakin tinggi kadar kakao, semakin efektif kerjanya. Untuk lebih mudah mengidentifikasi kemurnian cokelat, Anda dapat melihat dari warnanya. Semakin gelap cokelat artinya kandungan lemak dan gulanya semakin rendah.
  1. Avokad
    Seperti minyak zaitun, avokad kaya lemak tak jenuh yang berperan menurunkan kolesterol jahat. Lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam buah hijau lembut ini, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Konsumsi buah mengandung vitamin E, vitamin B, dan asam folat, ini tentu harus dibarengi dengan komitmen menyingkirkan konsumsi lemak tak sehat.
  1. Plum
    Selain merupakan sumber karbohidrat yang baik, plum mengandung serat serta zat fitokimia yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Potasium yang terkandung di dalamnya juga membantu menjaga kestabilan gula darah.
  1. Kacang
    Penelitian Louisiana State University, menunjukkan, kacang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu penurunan kolesterol jahat dalam darah. Dari semua jenis kacang, pilihan terbaik untuk meredam kadar kolesterol jahat adalah kacang Almond.
  1. Semangka
    Menurut rekomendasi WHO, semangka bukan  hanya sekedar buah segar pensuplai cairan tubuh tapi juga sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, serta  mengandung zat antioksidan juga likopen. Berperan menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.
  1. Tomat
    Para ilmuwan mengatakan, tomat masak memiliki khasiat yang sama dengan statin, obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Mengasup dua ons pasta tomat atau setengah liter jus tomat sehari berfungsi sebagai pengontrol kolesterol pasien.