Cut Carbo, Cara Diet yang Tidak Akan Menyiksa Tubuh

DokterSehat.Com – Berat badan yang ideal dan tubuh yang langsing adalah idaman bagi setiap orang. Tak hanya membuat penampilan tubuh menjadi lebih menarik, berat badan yang ideal juga akan membuat kita lebih sehat dan tidak mudah diserang berbagai penyakit. Sayangnya, banyak dari kita yang harus tersiksa hanya gara-gara ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan sehingga akhirnya jatuh sakit. Apakah ada diet yang tidak menyiksa tubuh?

doktersehat-diet-anoreksia

Pakar kesehatan menyebutkan jika ternyata ada satu jenis diet yang bisa membuat kita menjalani gaya hidup sehat tanpa perlu menyiksa tubuh. Diet ini bernama diet cut carbo. Sebagaimana namanya, diet ini dilakukan dengan cara menurunkan asupan karbohidrat. Bagaimanakah cara melakukan diet cut carbo ini?

Inti dari diet cut carbo adalah dengan pengendalian pola makan. Untuk melakukannya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi camilan dalam waktu dua jam sebelum makan. Andaipun ingin mengkonsumsi camilan agar tidak mudah merasa lapar, pilihlah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. 30 menit sebelum makan, ada baiknya kita juga mengkonsumsi air putih agar porsi makan besar kita tidak berlebihan.

Saat makan, perhatikan apa saja yang ada dalam piring kita. Pastikan untuk memperbanyak protein dan serat agar konsumsi karbohidrat tidak berlebihan. Kita bisa memenuhi separuh piring dengan sayuran, seperempatnya dengan lauk pauk, dan seperempat lainnya adalah sumber karbohidrat layaknya nasi. Dengan cara ini, kita bisa memangkas asupan karbohidrat hingga 100 gram saja setiap hari tanpa perlu tersiksa dan kelaparan.

Tak hanya menurunkan berat badan, diet cut carbo ini juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2, stroke, kanker, dan juga serangan jantung. Apakah anda berminat untuk mengadopsi tips diet yang tidak akan membuat anda tersiksa ini?