Curcuma, Kebaikan Alam untuk Kesehatan Anak Anda

DokterSehat.Com – Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza ROXB) adalah Tanaman obat-obatan yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malaysia.



Sementara itu, temulawak mengandung banyak senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya pada rimpang temulawak, terdapat zat turmerol dan fellandrean yang dikenal dengan minyak menguap. Selain itu,  temulawak juga mengandung kurkuminoid (kurkuminoid terdiri atas desmetoksikurkumin dan kurkumin). Kurkumin berfungsi sebagai acnevulgaris, sebagai anti radang (anti inflamasi) dan anti hipototoksik (anti keracunan empedu) dan menetralkan racun, menurunkan kolesterol, meningkatkan sekresi empedu dan masih banyak lagi).

Manfaat Temulawak yang lain adalah :

  • Obat penyakit asma
    Asma atau sesak nafas dapat diobati dengan rimpang temulawak. Caranya dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren. Temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Temulawak yang kering direbus dengan lima gelas air ditambah sepiotong gula aren, hingga menyisakan tiga gelas. Setelah itu disaring dan siap diminum.
  • Obat sakit maag
    Sakit maag yang merupakan sakit yang telah memasyarakat alias sakit yang banyak diderita orang dapat diobati dengan curcuma. Caranya dengan mengambil satu rimpang curcuma. Rimpang temulawak diiris-iris, kemudian diangin-anginkan sebentar. Selanjutnya direbus dengan 5 sampai 7 gelas air sampai mendidih. Saringlah kemudian minumlah satu kali sehari sebanyak satu gelas.

Khasiat temulawak untuk anak

Selain memiliki khasiat sebagai obat, khusus bagi para ibu yang memiliki anak yang bermasalah dengan nafsu makan curcuma juga dapat menjadi solusi memperbaiki masalah nafsu makan. Caranya dengan menyiapkan dua rimpang temulawak, seperempat rimpang lengkuas, dan segenggam daun meniran. Jika semua bahan telah siap, rebus semua bahan dengan tiga gelas air sampai mendidih, hingga menyisakan dua gelas, kemudian disaring. Diminum setengah gelas sebanyak dua  kali sehari.

Baca Juga:  Yang Sehat dari Es Krim

Melihat banyaknya efek positif dari tumbuhan yang satu ini, terutama untuk menambah nafsu makan, SOHO Global Health menyediakan dua produk yang berasal dari temulawak diantaranya Curcuma Plus Vitamin dalam bentuk sirup, tersedia dalam berbagai macam varian dan rasa sesuai kebutuhan anak-anak dan Curcuma Plus Milk. Produk produk tersebut merupakan produk yang ditujukan untuk mendukung tumbuh kembang anak serta menjaga kesehatan sang buah hati.

Curcuma atau temulawak memang terbukti banyak memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan, hanya saja kesibukan masyarakat kota yang sudah sangat tinggi, membuat proses pengolahan temulawak tentunya terasa merepotkan. Karena itu kami menghadirkan beragam produk yang berbahan dasar temulawak tentunya produk produk tersebut kami hadirkan setelah melalui beragam penelitian untuk mendapatkan manfaat terbesar dari temulawak, hal ini juga sejalan dengan komitmen dari SOHO Global Health sebagai perusahaan yang terus menggunakan bahan herbal di hampir setiap produknya.  ujar Kiki Sembiring, Vice President Marketing Consumer Health, SOHO Global Health.