Cumi-Cumi Ternyata Juga Baik Bagi Kesehatan, Lho

DokterSehat.Com – Cumi-cumi adalah salah satu bahan makanan yang akan sangat lezat jika diolah menjadi berbagai macam makanan. Dari bentuk, bau, hingga rasanya, cumi-cumi adalah salah satu hidangan yang paling menggoda selera. Seafood ini dikenal luas memiliki daging yang kenyal saat digigit dan kandungan tinta hitamnya ternyata juga bisa memberikan kenikmatan yang khas saat menyentuh lidah kita. Dibalik rasanya yang nikmat, cumi-cumi ternyata juga bisa memberikan banyak sekali dampak positif bagi kesehatan jika kita konsumsi. Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-cumi-makanan-laut

Tahukah anda, cumi-cumi ternyata memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat jika kita konsumsi. Hal ini dikarenakan cumi-cumi ternyata termasuk dalam makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh omega 3 yang dikenal luas baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, cumi-cumi juga kaya akan protein dan mineral layaknya yodium, vitamin B, hingga seng dan tembaga, kandungan yang diyakini berpengaruh besar dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme zat besi, dan menjaga kesehatan jantung.

Mengkonsumsi cumi-cumi, khususnya jika kita juga memasaknya dengan kandungan tinta hitamnya ternyata bisa memberikan kebaikan bagi sistem pencernaan tubuh. Tinta hitam dari cumi-cumi sendiri ternyata memiliki mineral riboflavin dan niasin yang bisa membuat sel darah putih menjadi aktif dan lebih baik dalam melawan berbagai kuman, bakteri, dan berbagai penyebab penyakit pada tubuh. Sebuah penelitian terbaru bahkan menunjukkan fakta yang meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun menunjukkan jika tinta hitam dari cumi-cumi bisa diinjeksikan dalam tubuh dan mampu mengatasi tumor.

Kebaikan lain dari cumi-cumi selain dimakan adalah dengan menjadi salah satu bahan yang bisa mengobati bekas cacar air yang bisa mengurangi penampilan. Cumi-cumi yang telah dijemur dan ditumbuk halus akan menjadi bubuk yang bisa dioleskan pada bagian kulit yang terkena bekas cacar air. Kulit pun akan kembali seaht dan tampilan pun akan menjadi baik kembali.