Cukupi Asupan Vitamin K Mampu Cegah Kanker Lho

DokterSehat.Com – Agar metabolisme dan fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik, maka tubuh membutuhkan berbagai nutrisi. Dengan tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi, maka imunitas tubuh akan terjaga sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit. Tidak hanya itu, salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin K.

8

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi vitamin K atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena kanker daripada mereka yang tidak mencukupi kebutuhan vitamin K. Vitamin K membantu untuk mencegah perkembangan sel kanker, terutama kanker prostat dan paru-paru.

Ada dua bentuk dari vitamin K yaitu phylloquinone atau vitamin K1 dan menaquinone atau vitamin K2. Vitamin K1 atau phylloquinone bisa didapatkan dari minyak sayur seperti minyak kedelai dan minyak kanola serta pada sayuran hijau. Sedangkan vitamin K2 atau menaquinone bisa ditemukan pada keju dan daging.

Yang perlu Anda perhatikan adalah vitamin K yang bisa mencegah kanker adalah vitamin K1. Vitamin ini akan memberikan efek pencegahan kanker lebih besar daripada vitamin K2. Vitamin K2 sendiri justru memberikan efek pengembangan sel kanker dalam tubuh. Tapi hal itu hanya akan terjadi jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup.

Adapun asupan vitamin K harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah untuk wanita sebanyak 90 mikrogram dan untuk pria sebanyak 120 mikrogram setiap harinya. Hal ini karena para pria memiliki aktivitas yang lebih tinggi daripada wanita.

Jadi untuk mencegah kanker, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, terutama sayuran hijau. Kalau perlu, jenis buah dan sayuran yang Anda konsumsi adalah buah dan sayuran organik agar nutrisi yang diperoleh bisa lebih baik. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, maka Anda akan mencegah kemunculan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh sehingga Anda bisa tetap sehat dan memiliki harapan hidup yang lebih lama.