Cuka, Cairan Pembersih Alat Rumah Tangga

Doktersehat.com- Cairan yang satu ini memang sudah banyak banyak orang mengenalnya dan cukup populer di dunia kuliner.Cuka disamping sebagai pencampur pada makanan ternyata masih mempunyai manfaat bagi kesehatan dan kebersihan.Mau tahu



 A.Cuka Untuk kebersihan:

– Beberapa sendok makan cuka cukup dengan dicampur air saja sudah bisa menjadi cairan pembersih alat-alat rumah. Taruh campuran air tersebut kedalam ember kecil dan gunakan handuk kecil untuk membersihkan kaca jendela, komputer, dan alat-alat elektronik lainnya. Dengan ini Anda bisa membersihkan kotoran dan debu-debu tanpa menghirup aroma kimia yang biasanya terdapat di cairan pembersih kimia.

– Air cuka juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau rokok. Taruh mangkuk berisi penuh air cuka di tempat atau ruangan dimana Anda merokok. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan bau wastafel dapur dengan air cuka. Jika saluran pipa wastafel Anda tersumbat, campur setengah cangkir air cuka dengan setengah cangkir baking soda untuk menghancurkan sumbatan tersebut. Kemudian siram dengan air panas.

– Gunakan air cuka untuk menghilangkan karat pada alat-alat masak Anda yang terbuat dari metal atau besi. Basahkan kain atau handuk kecil dengan air cuka kemudian gosok peralatan dapur tersebut sampai mengkilat.

– Perhiasan perak Anda karatan? Jangan khawatir, rendam perhiasan anda kedalam ember kecil penuh dengan campuran air cuka dan baking soda selama tiga jam. Setelah selesai rendam, bilas dengan air bersih, kemudian keringkan dan Anda bisa melihat kilauan kembali.

– Anda juga bisa menggunakan air cuka untuk menghilangkan debu dan lapuk yang terdapat di karpet Anda. Basahkan sedikit karpet Anda dengan campuran air cuka dan air, kemudian gosok sedikit. Setelah kering vakum karpet Anda.

B.Cuka Untuk Kesehatan:

– Jika Anda mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, oleslah dengan kapas yang dicelup air cuka untuk mengurangi rasa perih tersebut.

– Habis berenang telinga tersumbat dengan air? Tetes campuran air cuka dengan sedikit alkohol untuk menghilangkan sumbatan tersebut serta membunuh kuman dan bakteri yang masuk telinga Anda.

– Air cuka juga bisa menghilangkan rasa perih kulit Anda dari gigitan serangga dan binatang laut seperti ubur-ubur.

Baca Juga:  Manfaat Pisang Untuk Penderita Hipertensi

– Satu sendok makan air cuka dicampur dengan satu sendok makan madu serta setengah cangkir air hangat bisa mengurangi demam atau flu.

Selain untuk menambah rasa asam dan menghilangkan bau amis, cuka juga punya manfaat lain. Cuka atau asam asetat ini dapat mengatasi berbagai masalah kebersihanrumah.Selain untuk menambah rasa asam dan menghilangkan bau amis, cuka juga punya manfaat lain. Cuka atau asam asetat ini dapat mengatasi berbagai masalah kebersihanrumah.

Mulai dari shower mampet, lantai kusam, hingga membersihkan kerak botol. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

1. Shower MampetAir yang mengandung besi, tanah, atau pasir halus bisa menjadi biang keladinya.Untuk mengatasinya, siapkan 1 liter air panas, kemudian tuangkan satu cangkir cuka makan dan aduk. Rendam kepala shower dalam larutan tadi selama 10 menit. Angkat, lalu bersihkan. Teratasi sudah masalah shower mampet.

2. Blender KotorPenggunaan blender biasanya meninggalkan noda. Terkadang noda tersebut sulit dihilangkan. Jika itu terjadi, gunakan campuran air, sabun cuci piring, dan cuka. Tuang campuran itu ke dalam blender dan nyalakan blender selama 30 detik. Buang campuran air tadi dan bilas dengan air hangat.

3. Lantai KusamLantai keramik yang berusia lebih dari lima tahun biasanya berubah menjadi kotordan kusam. Untuk membersihkannya, tuangkan cuka ke permukaan lantai. Diamkan selama lima menit. Kemudian bersihkan dengan kain pel hingga bersih. Pel sekali lagi dengan air untuk menghilangkan bau cuka.

4. Karat pada LogamUntuk menghilangkan karat, siapkan satu sendok makan cuka dicampur satu sendok teh garam. Gosokkan campuran tersebut ke bagian perkakas logam yang berkarat. Setelah karat hilang, bersihkan dengan air dan keringkan.

5. Guci PecahGuci pecah pun bukan lagi masalah. Buat campuran dari satu bungkus agar-agar, satu sendok cuka, aduk hingga mengental. Gunakan campuran adonan tadi sebagai lem.Rekatkan setiap bagian pecahan guci. Setelah itu jemur hingga adonan lem kering. Guci pun kembali utuh.

6. Sisa MinyakAgar noda minyak di panci gampang dibersihkan, tuangkan cuka ke dalam 2 liter air. Celupkan panci berminyak ke dalamnya. Noda minyak akan luntur dan setelah itu.

Sumber:scribd.com&blogpopuler.com