Sering Bersalaman Saat Lebaran, Jangan Lupa Cuci Tangan

doktersehat-silahturahmi-lebaran

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, kita bersalaman atau berjabat tangan dengan frekuensi yang jauh lebih sering saat Hari Raya Lebaran. Tak hanya melakukannya di masjid setelah melakukan Salat Ied, kita juga bisa melakukannya saat melakukan acara halal bihalal atau bersilaturahmi bersama dengan keluarga atau tetangga.

Tujuan dari bersalaman dengan orang lain ini memang baik, yakni menjaga tali silaturahmi dan persaudaraan sekaligus bermaaf-maafan, hanya saja, bersalaman dengan banyak orang ternyata juga bisa membuat kita lebih berisiko tertular berbagai kuman penyakit.

Bukannya menganggap bersalaman bisa menjadi penyebab datangnya penyakit, hanya saja, kita tidak tahu apakah tangan-tangan yang kita ajak bersalaman ini sebelumnya telah menyentuh benda apa saja.

Jika kita menyentuh tangan-tangan yang ternyata sudah kotor atau terpapar kuman lalu dengan santai mengonsumsi makanan atau camilan, maka besar kemungkinan kuman-kuman ini masuk ke dalam tubuh kita dan memicu datangnya penyakit.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan Dr. Eko Budidharmaja menyarankan kita untuk rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan, apalagi jika sebelumnya kita bersalaman dengan orang lain, menyentuh benda-benda kotor, atau bahkan keluar dari toilet. Dengan melakukannya, maka kita pun akan mencegah datangnya gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare.

Jika kita menganggap mencuci tangan ini sebagai tindakan yang cukup merepotkan untuk dilakukan, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer yang bisa dibawa ke mana-mana. Hanya saja, menurut dr. Eko, hand sanitizer memiliki bahan dasar alkohol yang jika dipakai terlalu sering bisa saja membuat masalah tangan kering atau kulit terkelupas.

Berdasarkan alasan inilah, mencuci tangan dengan sabun bisa dianggap sebagai cara yang jauh lebih aman bagi kesehatan.