Cuci Tangan Bisa Mengurangi Resiko Kanker

DokterSehat.Com – Belakangan ini, masyarakat menjadi lebih waspada dan mencari banyak sekali informasi agar tidak terkena penyakit kanker. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang-orang sekitar yang harus meregang nyawa karena terkena penyakit mengerikan ini. Selain menerapkan gaya hidup yang sehat dengan pola makan yang lebih baik, rajin berolahraga, hingga istirahat yang cukup, kita juga harus mulai rajin melakukan cuci tangan untuk bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

doktersehat-sabun-cuci-tangan-ocd

Kebiasaan sering mencuci tangan dengan memakai sabun ternyata telah disarankan oleh dr Andrijono, Pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, untuk menurunkan resiko penyakit kanker. Dengan mencuci tangan, kita pun akan lebih sering membersihkan berbagai kuman dan bakteri yang bisa dengan mudah memasuki tubuh jika tidak dibersihkan dengan baik. Tanpa kita sadari, kuman-kuman yang ada di sekitar kita layaknya dari gagang pintu, atau bahkan dari ponsel yang kita genggam bisa dengan mudah berpindah ke dalam tubuh melalui makanan. Selain bisa menyebabkan berbagai penyakit di saluran pencernaan, kuman-kuman ini ternyata juga bisa menyebabkan penyakit kanker.

Dr Andrijono menceritakan jika ada sebuah kasus di luar negeri dimana ada seseorang yang terkena kanker ovarium yang diakibatkan oleh virus HVV yang ternyata diketahui ditemukan pada gagang pintu. Hal ini berarti, kebiasaan mencuci tangan kini juga harus diperhitungkan sebagai cara pencegah kanker yang cukup efektif karena sabun-sabun pencuci tangan kini telah dipersenjatai berbagai kandungan yang bisa membunuh kuman, bakteri, hingga virus-virus berbahaya.

Sabun anti bakteri bisa kita gunakan untuk mencuci tangan, khususnya sebelum kita makan dan setelah melakukan banyak kegiatan dari luar ruangan. Selain itu, dr Andrijono juga menyarankan kita untuk mempelajari lebih dalam tentang berbagai ciri-ciri awal penyakit kanker sehingga kita pun bisa segera waspada dan memerikakan kondisi kesehatan kita ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang jauh lebih baik.