Cuaca Tidak Selalu Menjadi Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh

DokterSehat.Com – Belakangan ini cuaca semakin tidak menentu di berbagai tempat di tanah air. Selain terkadang hujan lebat yang tiba-tiba melanda dengan angin yang cukup kencang, kadangkala siang hari juga terasa panas terik yang sangat menyengat. Perubahan cuaca yang sangat ekstrim ini diyakini banyak orang menjadi penyebab dari munculnya banyak penyakit. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun memiliki pengaruh, cuaca tidak bisa serta merta kita salahkan atas penurunan daya tahan tubuh kita.

doktersehat-anak-kecil-hujan

Pakar kesehatan dr Irsyal Rusad menyebutkan jika kondisi fisik lebih berperan dibandingkan dengan faktor perubahan cuaca, meskipun memang cuaca memiliki pengaruh dalam menurunkan daya tahan tubuh. Hanya saja, jika seseorang berada dalam kondisi tubuh yang prima, maka penyakit pun tidak akan mudah mendatanginya. Sebaliknya, jika tubuh kita berada dalam kondisi yang kurang sehat, apalagi jika kita kurang mendapatkan istirahat yang cukup, maka penyakit pun akan dengan mudah datang. Karena alasan inilah sebaiknya kita lebih pandai dalam menjaga sistem imunitas tubuh menghadapi berbagai perubahan cuaca yang ekstrim ini.

Dr Irsyal Menyarankan kita agar menjalankan gaya hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, menjaga tubuh tidak terlalu kelelahan saat bekerja dan juga mendapatkan waktu istirahat yang cukup, serta rutin melakukan olahraga. Sebagai contoh, konsumsi sayuran dan buah-buahan sebaiknya tidak dilupakan karena vitamin, mineral, hingga kandungan antioksidan bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Sementara itu, meskipun cuaca tidak menentu atau kesibukan kita sedang cukup padat, ada baiknya kita menyempatkan untuk melakukan aktifitas fisik sehingga tubuh pun bisa melakukan regenerasi sel dengan baik dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Mengenal Sparkling Water, Minuman yang Sedang Ramai Dibicarakan Netizen

Dengan cuaca yang tidak menentu ini, ada baiknya kita juga menambah suplemen yang bisa membuat daya tahan tubuh dalam kondisi yang baik. Sebagai contoh, kita bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis 50-70 miligram yang juga memiliki beberapa asupan antioksidan di dalamnya. Dengan konsumsi suplemen yang tepat dan tidak berlebihan, maka cuaca pun tidak akan menjadi masalah bagi kesehatan tubuh kita.