Crohn, Penyakit Pencernaan Yang Wajib Diwaspadai

DokterSehat.Com – Penyakit crohn masih belum banyak dikenal secara luas oleh masyarakat. Padahal, penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan berupa peradangan kronis pada usus ini bisa memberikan gejala berupa muntah-muntah, mual, dan jika anda memakan makanan kasar, sistem penernaan tidak bisa menerima dan membuat anda harus memuntahkannya kembali. Penyakit crohn akan menyerang usus kecil dan usus besar dan membuat kondisi ulserasi dimana usus tidak akan berfungsi sebagai mestinya. Yang menjadi masalah adalah, jika usus tidak bisa bekerja, maka seluruh sistem pencernaan pun akah terganggu.

doktersehat-hernia-inguinalis

Tidak seperti penyakit lain yang akan selalu terasa jika ada permasalahan pada organ-organ tubuh, penyakit crohn kadang kala terasa dan seringkali justru tidak memberikan gejala apapun dan terasa baik-baik saja. Sayangnya, penyakit ini bisa muncul tiba-tiba dan bahkan bisa diturunkan karena faktor genetik. Pakar kesehatan sendiri masih belum benar-benar menemukan penyebab penyakit crohn meskipun dugaan terkuat adalah adanya infeksi dari bakteri layaknya strain mycobacterium. Hanya saja, proses awal dari penyakit crohn justru berasal dari aktivasi sistem imun tubuh yang justru membuat usus mengalami peradangan. Sistem imun tubuh akan berpikir jika usus terkena zat berbahaya padahal sebenarnya tidak terjadi apa-apa sehingga usus pada akhirnya akan meradang dan tidak bisa berfungsi dengan benar.

Setelah usus mengalami peradangan, permukaannya akan membentuk semacam kantung kecil yang disebut sebagai ulkus aphthous. Kantung ini bisa menyebabkan luka parut atau luka besar sehingga bisa membuat usus menjadi lebih kaku dan pada akhirnya lengket. Jika luka ini berhasil melubangi usus, yang terjadi adalah banyak bakteri yang akhirnya menyerang organ-organ pencernaan di sekitar usus. Usus yang menyempit tentu akan membuat sistem penernaan terhambat. Makanan yang dicerna tidak akan memasuki usus besar sehingga perut pun akan mengalami kram dan muntah-muntah. Jika penderitanya sudah mengalami demam tinggi, maka kita tentu harus melarikannya ke dokter atau klinik terdekat agar bisa ditangani dengan benar secara medis. Hanya saja, jika anda mengalami gejala layaknya sering muntah atau makanan yang tidak bisa mudah diterima oleh saluran pencernaan, ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter sehingga bisa dilakukan penanganan dini.