Crackers, Biskuit Asin Yang Tidak Baik Untuk Gigi

DokterSehat.com – Saat kita kecil, kita sering diberitahu oleh orang tua kita untuk menghindari berbagai makanan yang cenderung manis seperti permen atau coklat. Hal ini dikarenakan adanya pengetahuan turun temurun yang berpendapat bahwa makanan manis dapat merusak gigi dengan mudah. Well, pendapat ini memang benar adanya. Namun, ternyata ada jenis makanan lagi yang dapat memicu kerusakan pada gigi, bahkan dampak yang dapat dihasilkan jauh lebih masif dari yang dihasilkan oleh makanan manis, jenis makanan tersebut terbuat dari sejenis pati yang sangat renyah untuk dimakan, yaitu crackers.



Crackers sangatlah enak untuk dimakan, makanan ini dapat membuat tanpa sadar kita makan tanpa henti sampai benar-benar habis. Namun, dibalik kerenyahan dan kelezatannya, biscuit yang cenderung asin ini ternyata menjadi penyebab utama dari masalah gigi berlubang. Hal ini dikarenakan biscuit asin ini terbuat dari pati yang dapat memicu indeks glikemik yang membuat makanan ini memiliki kemampuan untuk membuat rongga pada gigi.

Sifat dari makanan yang terbuat dari bahan pati adalah mengandung karbohidrat sederhana yang dapat diurai dengan mudah menjadi gula. Saat kita memakan crackers renyah ini, banyak kemungkinan bagian dari biscuit ini tertinggal dan lengket di sela-sela gigi dan memicu pertumbuhan bakteri mulut. Gula sendiri akan sangat disukai oleh bakteri di dalam mulut. Dengan adanya gula yang melimpah, tentu saja bakteri mulut akan dengan mudah berkembang biak. Dengan jumlah bakteri yang beraktifitas semakin meningkat, kondisi mulut pun akan semakin asam dan keasaman ini dapat memicu terkikisnya enamel gigi. Dengan adanya hal ini, gigi pun terancam mengalami masalah pembusukan, kerusakan, dan juga berlubang.

Sebenarnya, tidak menjadi masalah jika mengkonsumsi crackers untuk frekuensi yang tidak terlalu sering. Melihat faktor resiko ini, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan yang tidak hanya yang manis-manis, namun juga yang terbuat dari pati. Dan setelah mengkonsumsi makanan tersebut, rajin-rajinlah menggosok gigi hingga bersih sehingga sisa-sisa makanan tidak ada lagi yang tersisa.