Cokelat Ternyata Bisa Mengatasi Sakit Batuk

DokterSehat.Com – Dalam beberapa bulan terakhir cuaca di Indonesia cenderung sangat tidak menentu. Jika menurut pada siklus musim yang normal, seharusnya kini kita sedang menikmati musim kemarau. Namun, dalam realitanya kita masih bisa mendapati beberapa daerah yang dilanda hujan lebat atau bahkan bencana banjir. Tidak menentunya cuaca ini membuat banyak orang yang terkena penyakit batuk. Penyakit yang sangat mengganggu saluran pernafasan ini tentu akan sangat mangganggu, apalagi jika batuk semakin terasa parah. Apakah tidak ada cara untuk mengatasi sakit batuk ini dengan cepat?

doktersehat-cokelat-gemuk-manis-obesitas-kerusakan-otak

Pakar kesehatan Professor Alyn Morice yang berasal dari University of Hull menyebutkan jika ada cara yang menyenangkan untuk mengatasi batuk, yakni dengan mengkonsumsi cokelat. Memang, menurut anggota dari International Society for the Study of Cough ini, saran ini seperti terlihat bercanda. Namun, batuk ternyata memang bisa diredakan dengan cokelat! Menurut beliau, kandungan cokelat yang dimasukkan pada obat akan membuat seseorang akan lebih cepat sembuh dengan signifikan dan mendapatkan tidur lebih nyenyak dalam waktu dua hari. Jangka waktu ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan jika kita mengkonsumsi obat batuk biasa.

Menurut Morice, kandungan theobromine di dalam cokelatlah yang mampu membuat batuk bisa menjadi lebih reda. Theobromine bahkan ditengarai jauh lebih ampuh mengatasi batuk dibandingkan dengan kandungan obat batuk yang disebut dengan kodein. Kandungan theobromine inilah yang mampu memberikan khasiat mengatasi rasa sakit dan peradangan yang memicu batuk-batuk. Selain itu, cokelat yang cenderung lengket ternyata bisa membuat ujung-ujung saraf pada tenggorokan bisa lebih terlindungi sehingga batuk pun bisa semakin ditekan.

Karena alasan inilah Morice lebih menyarankan kita untuk mengkonsumsi cokelat dan bukan meminum cokelat hangat dalam bentuk cairan karena efek perlindungan dari cokelat ini tidak akan terasa jika kita meminumnya. Hisaplah cokelat secara perlahan jika batuk terasa sangat mengganggu karena hal ini akan bisa segera membuat batuk mereda.