Cokelat, Makanan Nikmat yang Baik Untuk Diet

DokterSehat.Com – Cokelat telah dikenal luas sebagai makanan yang sangat nikmat untuk dimakan. Tak hanya itu, cokelat juga dianggap sebagai makanan yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika cokelat mampu membuat seseorang terhindar dari stress mengingat rasanya yang nikmat memang akan mampu meredakan stress. Tak hanya itu, cokelat ternyata juga sangat disarankan bagi mereka yang ingin melakukan program diet. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-cokelat-diet-berat-badan

Di dalam sebatang cokelat ternyata ada kandungan hidrat arang, lemak, dan juga kandungan kalori sekitar 360 kalori. Hal ini berarti, konsumsi cokelat bisa membuat kadar gula dalam darah naik dan akan membuat kita lebih kenyang. Dengan mengkonsumsi cokelat, kita akan lebih baik dalam menahan rasa lapar dan membuat kita mampu menghindari makanan yang bisa menambah berat badan layaknya kue atau biskuit.

Pakar gizi Prof. dr. Walujo Soerjodibroto, PhD menyebutkan jika konsumsi cokelat yang dipadukan dengan olahraga ringan ternyata akan sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Bagaimana tidak, cokelat ternyata kaya akan senyawa yang disebut sebagai polyphenol, semacam antioksidan yang sangat baik bagi tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa memicu masalah kanker, penuaan dini, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, cokelat juga kaya akan kandungan lemak nabati dan asam stearate, sejenis asam lemak netral yang akan membuat kita terhindar dari masalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Asam stearate sendiri mampu membuat enzim pembentuk kolesterol pada jaringan hati mulai bekurang sehingga produksi kolesterol jahat LDL juga ikut menurun.

Dr Walujo berkata jika kita bisa mengkonsumsi cokelat sebagai pengganti makan siang jika memang ingin menurunkan berat badan yang berlebihan. Selain menyehatkan, makanan ini juga bisa menahan rasa lapar dan mencegah kita mengkonsumsi camilan lain yang tidak sehat.