Cokelat Hitam Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang cokelat, kita tentu akan langsung berpikir tentang sebuah makanan yang terasa sangat nikmat dan manis. Hampir semua orang menyukai cokelat karena rasanya mampu memberikan sensasi tentang pada pikiran kita. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika kita mengkonsumsi cokelat, khususnya cokelat hitam yang memiliki kandungan kokoa berkisar 60-80 persen, ternyata kita mampu membuat sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik dan kita akan semakin mengikis lemak pada perut. Sayangnya, cokelat hitam ternyata akan kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan, khususnya sebelum kita beranjak tidur.

doktersehat-cokelat-gemuk-manis-obesitas-kerusakan-otak

Meskipun menyehatkan, pakar kesehatan menyebutkan jika dalam satu bar cokelat hitam ternyata memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, yakni sekitar 20 miligram kafein. Jumlah ini setara dengan separuh dari 1 ons bahan espresso. Jika kita mengkonsumsi cokelat hitam ini sebelum tidur, dikhawatirkan kita akan sulit untuk segera terlelap. Bagaimana tidak, di dalam cokelat hitam ini, diketahui ada kandungan stimulan theobormine yang secara efektif membuat detak jantung meningkat pesat dan memicu kegelisahan berlebihan pada mereka yang mengkonsumsinya. Jika kita mengalami masalah tidur, kita tentu akan membuat proses detoksifikasi dan regenerasi sel tubuh yang terjadi pada saat kita seharusnya tertidur menjadi terganggu.

Untuk mendapatkan faedah kesehatan dari cokelat hitam, pakar kesehatan menyebutkan jika cokelat ini sebaiknya kita konsumsi di siang hari, bukannya di malam hari, apalagi dekat dengan jam tidur. Cokelat hitam sendiri diketahui memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan tubuh kita layaknya polifenol. Polifenol sendiri mampu mebuat aliran darah ke otak mengalami peningkatan dengan signifikan sehingga resiko terkena stroke pun bisa menurun hingga 20 persen. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebutkan jika mereka yang rutin mengkonsumsi cokelat, khususnya cokelat hitam akan mampu membuat tubuhnya cenderung lebih ramping jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya sama sekali.