Cokelat Bisa Meredakan Batuk?

DokterSehat.Com – Belakangan ini penyakit batuk cukup banyak mewabah di berbagai daerah. Disamping dikarenakan perubahan cuaca yang bisa berlangsung cukup ekstrim belakangan ini, gaya hidup yang kurang sehat juga menjadi pemicu banyaknya orang yang terkena penyakit batuk. Untuk mengatasi batuk ini, kita bisa memakai beberapa obat yang terbuat dari bahan alami. Salah satunya adalah dari bahan makanan yang tidak pernah kita duga selama ini, yakni cokelat.

doktersehat-pilek-flu-dingin

Pakar kesehatan Professor Alyn Morice dari University of Hull, Inggris, menyebutkan bahwa cokelat ternyata memiliki kemampuan untuk meredakan batuk. Memang, pernyataan ini termasuk cukup mengejutkan, namun, Morice yang juga merupakan kepala penelitian kesehatan di bidang kadriovaskular dan pernafasan ini menyebutkan jika telah ada penelitian yang dilangsungkan selama bertahun-tahun dan menemukan adanya relasi antara mekanisme batuk dengan konsumsi cokelat.

Beliau menyebutkan jika obat-obatan yang memiliki kandungan cokelat akan sangat baik dalam membuat batuk lebih cepat mereda dan bisa memicu tidur yang jauh lebih nyenyak. Bahkan, Morice mengklaim jika obat-obatan yang mengandung bahan cokelat ini bisa menyembuhkan batuk hanya dalam waktu dua hari, lebih cepat jika dibandingkan dengan obat batuk konvensional. Hal ini dikarenakan cokelat ternyata memiliki kandungan theobromine yang bisa memberikan efek positif dalam menekan batuk. Bahkan, theobromine menurut peneliti dari London Imperial College akan jauh lebih ampuh dalam meredakan batuk dibandingkan kandungan obat batuk konvensional, kodein. Biji cokelat sendiri ternyata memiliki kemampuan positif dalam menurunkan iritasi atau peradangan dan tekstur dari cokelat yang cenderung lengket ternyata bisa memberikan perlindungan pada ujung saraf tenggorokan yang rentan mengalami batuk-batuk.

Hanya saja, tidak serta merta kita mengkonsumsi cokelat panas dan pada akhirnya bisa menurunkan sakit batuk. Cairan cokelat panas ternyata tidak secara langsung menyentuh tenggorokan dan melindunginya. Alih-alih meminum cokelat panas, pakar kesehatan menyebutkan jika memakan atau menghisap cokelat batangan yang rendah gula akan secara efektif menurunkan batuk.